HeadlineHiburanMuraSecond HeadlineSumsel

Jelang Ramadan, Harga Bahan Pokok Meroket

Sumateranews.co.id, MUSIRAWAS – Menjelang bulan suci Ramadan harga kebutuhan bahan-bahan pokok di pasar-pasal tradisional Kabupaten Mura mulai mengalami kenaikan. Sementara yang mulai naik yakni harga daging ayam potong, cabai, bawang merah, dan bawang putih.

Sedangkan, harga ayam potong di pasar B Srikaton naik dari Rp 35 ribu perkilo menjadi Rp 40 ribu perkilo. Harga cabai merah sebelumnya Rp 24 ribu perkilo naik menjadi Rp 32 ribu perkilo. Kemudian harga cabai merah besar Rp 22 ribu perkilo naik menjadi Rp 30 ribu per kilo.

Sedangkan harga bawang putih sebelumnya Rp 38 ribu perkilo naik menjadi Rp 48 ribu per kilo. Sementara itu harga bawang merah normal perkilonya Rp 36 ribu.

Menurut Kepala Disperindag Kabupaten Mura, Hj Nurhasanah, kenaikan harga daging ayam disebabkan saat ini menjelang Ramadhan dan banyak masyarakat yang melaksanakan acara ruahan.

“Sementara untuk harga cabai relatif. Maksudnya hari ini naik, besok bisa turun. Kalau bawang putih stoknya memang kurang,” ungkapnya, Rabu (24/4/2019).

Dia mengatakan sebagai antisipasi lonjakan harga menjelang Ramadhan, pihaknya akan menggelar operasi pasar dengan menjual paket sembako murah. Operasi pasar paket sembako murah akan dilaksanakan di 14 wilayah Kecamatan di setiap desa.

“Operasi Pasar dilaksanakan dengan fokus utama kita adalah masyarakat miskin,” jelasnya.

Paket sembako untuk operasi pasar adalah paket sembako dengan harga subsidi. Perpaket dijual Rp 30 ribu meliputi beras 2 kg, minyak goreng 1 kg, gula 1 kg, dan gandum 1 kg.

“Sekali lagi paket sembako harga subsidi untuk masyarakat miskin. Data masyarakat miskin sudah ada minta langsung dari Bappeda Itu,” ungkapnya.

Data dari Bappeda tersebut dikonfirmasi ke Kades dan Camat. “Jadwal operasi pasar sudah ada. Kita tinggal minta persetujuan pak bupati. Rencananya awal bulan puasa pelaksanaan,” kata Nurhasanah.

Terpisah, salah satu pedagang cabai di pasar Muara Beliti yakni Tis mengakui bahwa harga cabai mengalami kenaikan. Sebelumnya Rp 3000 per ons saat ini naik menjadi Rp 4.000 per ons. Sama halnya dengan harga bawang merah dan putih naik menjadi Rp 5.000 per ons dari yang tadinya Rp 4.000 per ons.

“Tidak diketahui secara pasti kenapa harganya naik. Tapi yang pasti sudah seminggu harganya naik,” pungkasnya.

Laporan          : Shandy April

Editor/Posting : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button