Jelang Idul Adha, Harga Sapi Naik

0
192

Sumateranews.co.id, BENGKULU – Menjelang Idul Adha, harga hewan qurban jenis sapi melonjak drastis. Hal tersebut lumrah terjadi, karena setiap jelang perayaan hari raya qurban, harga hewan qurban cenderung naik. Dijelaskan Nurdin (56) salah satu penjual sapi di Pasar Hewan Curup. “Kenaikan harga sapi lantaran dipengaruhi jumlah pemesan yang semakin hari meningkat. Rata-rata pemesan berasal dari instansi maupun perorangan. Jumlah pemesannya memang banyak di beberapa hari terakhir jelang lebaran,” jelas Nurdin, Selasa (29/8).

“Peningkatan harga hewan qurban jelang Idul Adha bahkan naik mencapai 40 persen di atas harga pada hari biasanya, harganya pun bervariasi. Untuk sapi siap kurban dibandrol yang semula berharga Rp 12 jutaan kini naik menjadi Rp 17 jutaan,’’ cetus Nurdin.

Selain itu, jenis sapi yang banyak dijual di pasar hewan kebanyakan jenis sapi bali. Sapi bali tersebut didatangkan dari luar daerah, yaitu dari Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Kebanyakan sapi bali Mas yang dijual disini, kalau sapi lokal barangnya kurang, paling-paling untuk dipotong sendiri,” aku Nurdin.

Selain harga sapi, kenaikan turut dialami pada harga hewan qurban jenis kambing. Harga kambing bahkan naik hingga dua kali lipat dari biasanya, yakni dari harga Rp 2 juta naik menjadi Rp 4 juta. Kenaikan tersebut dikarenakan jumlah pesanan dan kelangkaan pangan yang didapat. “Susah untuk mencari panganan hewan saat ini, membuat kami harus membeli lagi pangan untuk kambing-kambing kami,” ujar Sufri (72) salah satu penjual kambing di Pasar Hewan.

Laporan  : Beny Septiadi

Editor      : Imam Ghazali

Posting    : Andre