PendidikanSumatera Utara

JAPFA Ajak Guru IKuti Pelatihan Pembelajaran Kreatif

Sumateranews.co.id, KARO – Untuk meningkatkan kapasitas proses belajar mengajar yang sejalan dengan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa serta mendorong pembangunan yang berkelanjutan, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) melalui anak usahanya PT Indojaya Agrinusa melaksanakan pelatihan pembelajaran kreatif bagi guru dari 9 Sekolah Dasar Negeri di Siosar, wilayah Relokasi Pengungsi Sinabung, Kamis (4/4). Kegiatan ini sejalan pula dengan program pendampingan melalui program CSR JAPFA4Kids untuk pendidikan pada wilayah tersebut  dilaksanakan selama 6 bulan mendatang.

“Memasuki satu dasawarsa pelaksanaan program JAPFA4Kids kami merasa bahwa pendidikan tidak hanya mengenai anak, namun juga eko-sistem pendidikan itu sendiri yaitu guru. Untuk itu JAPFA kembali menambahkan hal baru, yaitu Pengembangan guru Sekolah Dasar dengan tema Pembina Duta. Program ini perlu dilaksanakan mengingat peningkatan kualitas guru menjadi bagian dari upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, di antara kesejahteraan serta fasilitas kepada guru yang sudah dipenuhi oleh pemerintah. Rencananya program ini memang akan jadi program berkesinambungan. Kami adakan workshop, monitoring dan evaluasi sampai mencapai tujuan untuk membantu guru-guru menjadi lebih kompeten dan selalu mengikuti perkembangan program belajar mengajar dengan baik,” kata Retno Artsanti, Head of Social Investment PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk Artsanti.

Sementara Tekson Manalau, Farm Manajer PT Indojaya Agrinusa, anak usaha PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA)mengatakan, sebagai daerah relokasi, Siosar layak diperhatikan perkembangan sekolahnya dan juga kawasan permukimannya. Selain itu ada 9 Sekolah Dasar yang dibina oleh JAPFA yang lokasinya tidak jauh dari Siosar.

“Pengembangan para guru dari 9 sekolah dasar ini tidak berhenti disini. Akan ada pendampingan dari tim kami yang turut ikut dalam pengembangan kompetensi para guru ini. Bahkan 3 bulan mendatang akan kembali diadakan pelatihan sebagai upaya mendorong keberlanjutan dan peningkatan kompetensi para guru dalam melangsungkan proses belajar mengajar,”katanya.

Pelaksanaan kegiatan itu baru kali pertama dilaksanakan di Kabupaten Karo mendapat apresiasi dari kalangan guru guru yang ikut dalam pelatihan tersebut. “Kendati baru pertama dilakukan, pelatihan ini mendapatkan respon yang menggembirakan dari para guru yang hadir dalam workshop tersebut. Materi yang diberikan sangat bermanfaat buat saya. Meski ini pelatihan pertama saya sudah bisa mengambil manfaatnya,” ujar Tina Purba, Guru SDN 044844 Guru Benua.

Hal senada disampaikan Juriani Bukit dari SDN 048098 Kutambelin, materinya jelas karena bisa langsung dipraktikkan di kelas nantinya. Sedangkan guru lainnya, Media Oktoberta Ginting, dengan antusias mangatakan, metode pelatihan buat kami sangat variatif dan tidak membosankan. Saya yakin bisa mengaplikasinya di dalam kelas. Dan kami berharap bahwa program ini berlanjut terus dan tidak selesai disini,”harap para guru tanpa tanda jasa ini.

Program pelatihan yang diberikan dengan menggunakan  “Brain Based Learning Methods” (Metode Belajar berdasarkan pembelajaran otak). Metode ini memberikan pelatihan  tentang cara kerja otak dan juga melalui Pendekatan dalam pengajaran yang disesuaikan dengan cara kerja otak. Bila guru berhasil melakukan ini, diharapakan guru bisa mendapatkan hasil belajar yang diinginkan. Dalam program ini JAPFA bekerja sama dengan Dinas Pendidikan setempat.

Diketahui JAPFA4Kids merupakan program sosial yang kami dedikasikan untuk kesejahteraan anak-anak pedesaan Indonesia. Ini adalah inisiatif sosial terbesar kami yang berfokus pada kebersihan dan kesehatan anak anak di Indonesia usia 6 hingga 12 tahun. JAPFA4Kids telah dilangsungkan sejak tahun 2008 dan diadaptasi secara local di lebih dari 630 sekolah dasar di 21 provinsi di Indonesia. Kami mendampingi serta melatih anak anak untuk memperhatikan kesehatan gizi serta kebersihan sehari hari, untuk mewujudkan perubahan sosial yang berkelanjutan di masyarakat. Untuk mengetahui kegiatan dan program program pembangunan berkelanjutan.

Selanjutya PT Japfa Comfeed Indonesia, Tbk. adalah salah satu perusahaan agri-food  terbesar dan terkemuka di tanah air.  penghasil protein hewani berkualitas dan terpercaya, yang dengan setia melayani kebutuhan serta menjadi kebanggaan Indonesia sejak tahun 1975. Menerapkan konsep layanan terpadu yang lengkap dan menyeluruh.

“Kami berikan kepada seluruh jaringan pelanggan kami melalui kekuatan jaringan distribusi dan keagenan kami yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Kami senantiasa menciptakan dan memberikan nilai-nilai tambah kepada mitra industri kami melalui kekuatan rantai produksi kami; dimulai dari formulasi pakan ternak yang berkualitas, bibit ternak unggul, peternakan ayam broiler, ikan, udang, dan sapi potong, hingga produk-produk makanan olahan yang menyeluruh dan terintegrasi, ujarnya.

“Dimanapun kami berada, kami senantiasa mempersembahkan yang terbaik untuk seluruh produk yang kami hasilkan melalui penerapan standar bio security yang tinggi, ilmu peternakan dan teknologi mutakhir yang terbaharui, serta pengawasan mutu yang ketat dan menyeluruh di setiap lini usaha kami,”kata salah seorang perwakilan Japfa itu.

 

 

Laporan : Sofya

Editor     : Syarif

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button