Jalur Muara Enim Rawan Buat Pemudik

0
357

Sumateranews.co.id, MUARA ENIM – Dalam wilayah Polres Muara Enim, sedikitnya ada tempat yang harus diwaspadai para pemudik ketika melintasi ruas jalan tersebut, sebab selain berbahaya juga sering menimbulkan kemacetan bagi para pemudik seperti sekarang ini.
“Di situ, selain rawan longsor, juga jalannya sempit dan topografinya berbukit-bukit. Belum lagi jika ada pasar tumpah sering macet,” ujar Kapolres Muara Enim AKBP Leo Andi Gunawan melalui Kasatlantas AKP Adik Listyono, Selasa (27/6).
Menurut Adik bahwa ada lima lokasi jalan longsor di ruas jalan Muara Enim – Simpang Meo sepanjang 60 km tersebut yakni di Desa Karang Raja Kecamatan Muara Enim, kondisi jalan longsor sedalam 12 meter dengan panjang sisi 15 meter.
Desa Darmo Kecamatan Lawang Kidul, kondisi jalan longsor sedalam 15 meter dengan panjang sisi 25 meter.
Desa Sugih Waras Kecamatan Tanjung Agung, kondisi jalan longsor sedalam 22 meter dengan panjang sisi longsor 30 meter.
Desa Pandan Enim Kecamatan Tanjung Agung, kondisi jalan longsor sedalam 17 meter dengan panjang sisi longsor 25 meter.
Dan, Desa Lebak Budi Kecamatan Tanjung Agung, kondisi jalan longsor sedalam 10 meter dengan panjang sisi longsor 20 meter.
Selain itu, ada juga yang rawan longsor di ruas jalan Muara enim – Rambang Dangku sepanjang 90 km yakni di Desa Ujan Mas Kecamatan Ujan Mas kondisi jalan longsor pada sisi kanan dan sedang dalam perbaikan.
‘’Saya berpesan untuk pemudik berhati-hati dan waspada serta perhatikan rumbu-rambu lalulintas serta spanduk peringatan yang kami pasang di sepanjang jalan lintas Sumatera,” tukas Adik.
Sementara itu Kadishub Muara Enim melalui Kabid Lalulintas dan Angkutan Akmaludin SH mengatakan, untuk saat ini, persiapan sudah matang dan mudah-mudahan lancar dan tidak ada kendala.
Untuk angkutan armada pihaknya akan menyiapkan tiga buah bus milik Dishub Muara Enim, sebagai antisipasi jika terjadinya lonjakan penumpang atau ada kendaraan yang mogok di tengah jalan.
‘’Untuk personil kita persiapkan sekitar 40 personil yang akan bertugas 1 x 24 jam di Pos Bersama, dan selebihnya secara bergantian dan mobile,’’ tegasnya.

Laporan : Deka Saputra

Editor : Imam Ghazali

Posting : Syarif