Jalankan Fungsi dan Tugasnya, Ombudsman RI Datangi Kantor Kelurahan Karang Raja Prabumulih

0
253

Sosialisasi Pengawasan Penyelenggara Pelayanan Publik

PRABUMULIH – Ombudsman RI meminta masyarakat untuk berperan aktif dalam mengawasi dan melaporkan jika menemukan dugaan maladministrasi dalam Instansi Pelayanan publik.

Hal tersebut diterangkan langsung oleh Perwakilan Ombudsman RI Sumatera Selatan pada saat mensosialisaikan Fungsi dan Tugas Pokok Ombudsman kepada sejumlah perwakilan Masyarakat di Aula Kantor Kelurahan Karang Raja, Kecamatan Prabumuih Timur, Kota Prabumulih, Selasa (30/11/2021).

Kepala Asisten Bidang Penerimaan dan Verifikasi Laporan, Ombudsman RI Perwakilan Sumsel, Rahma Awaliah SP MSI menerangkan, bahwa Ombudsman merupakan pengawas pelayanan Publik bagi penyelenggara pelayanan publik di Instansi Pemerintahan yang dibiayai oleh APBN maupun APBD.

“Sosialisasi ini tujuannya untuk mengenalkan apa itu Ombudsman RI, Fungsi berikut tugasnya, kepada masyarakat luas. Karena masyarakat belum banyak tau apa itu Ombudsman,” terangnya.

Meski demikian lanjut Rahma Awaliah, pihaknya berharap dengan adanya Ombudsman di tengah masyarakat tidak membuat Alergi bagi Penyelengara Layanan ataupun Pelaksana Pelayanan publik.

“Kami yakin, semua penyelenggara dan pelaksana pelayanan publik mau meningkatkan kualitas maupun kuatintas pelayanan Publik. Namun sebagian dari mereka belum tau dan belum paham bagiaman porsi-porsi maupun kewajiban yang semestinya. Di sinilah tugas Ombudsman untuk memberikan Informasi dan Edukasi itu,” kata dia.

Selain itu, ia juga menjelaskan, bahwa Ombudsman menerima laporan dari masyarakat yang tidak bisa menyelesaikan maladministrasi atau prosedur yang tidak sesuai dengan pelaksanaan itu.

“Dengan adanya laporan dari masyarakat, Ombudsman akan melakukan Klarifikasi kepada Instansi Pelayanan Publik yang dilaporkan oleh Masyarakat itu, namun dengan pendalaman terlebih dahulu, seperti memeriksa bukti-bukti laporan dan lain sebagainya. Dan setelah dilakukan Klarifikasi dan Analisis, Ombudsman akan melakukan tindakan Korektif di Tingkat perwakilan serta melakukan tindakan-tindakan lanjutan,” ungkapnya.

Untuk itu, pihak Ombudsman meminta masyarakat berperan aktif untuk melaporkan jika menemukan Indikasi atau dugaan maladministrasi dalam Instansi Pelayanan publik, dengan cara melaporkan langsung hal tersebut kekantor Ombudsman RI Perwakilan Sumsel, atau melalui Nomor WahatApp Center Ombudsman di Nomor 08119703737.

“Nomor WahatApp Center laporan Ombudsman tersebut melayani pada hari kerja. Dan di nomor tersebut Masyarakat bisa melaporkan Indikasi atau Dugaan maladministrasi atau kecurangan lainnya dengan mencantumkan nama masyarakat, instansi yang dilaporkan berikut Kronologis maupun melampirkan bukti-buktinya,” tukasnya.

Sementara itu, Lurah Kelurahan Karang Raja Leliana Santika SPt sangat mengapresiasi apa yang sudah disosialisasikan oleh Ombudsman RI Perwakilan Sumsel kepada masyarakat, terutama kepada masyarakat maupun Staf Kelurahan Karang Raja.

“Dengan sosialisasi ini, jelas kita, terutama staf Kelurahan mendapatkan wawasan, bahwasanya tertib admistrasi itu penting untuk kesuksesan dan kelancaran pelayanan Publik,” terangnya. (Heru)

Editor : Donni