NasionalNusantaraSecond Headline

Jalan Tol Pekanbaru-Sumbar Lewati Wilayah Kampar

Sumateranews.co.id, JAKARTA- Direncanakan pada tahun ini pembangunan jalan tol ruas Pekanbaru – Sumbar akan dimulai dan dijadwalkan akan selesai dan bisa difungsikan pada tahun 2021 mendatang. Diharapkan dengan adanya pembangunan ini, akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Kabupaten Kampar yang akan bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

Ini merupakan anugrah yang patut kita syukuri, karena kita memiliki kesempatan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sekaligus sebagai tonggak bagi kemajuan daerah.

Demikian disampaikan Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto  saat ditemui usai mendengarkan paparan trase pembangunan ruas Tol Pekanbaru-Sumbar yang dipaparkan oleh Kadiv. OPJT Aris Dewantoro yang merupakan  perwakilan kontraktor pelaksana PT. Hutama Karya (HK), yang dilaksanakan di Gedung Hutama Karya, Jakarta Rabu (26/6) yang didampingi oleh Asisten II Setda Kampar, Azwan, M.Si, Kadis dan Kadis PUPR Kampar, Afdal, ST, M.ST.

Ditambahkan Catur, sesuai dengan paparan dari PT.HK ada Tiga ruas jalan tol yang melewati Kabupaten Kampar. Pertama, rute Pekanbaru-Dumai yang melewati Kecamatan Tapung Hilir dengan panjang jalan tol 15 km, Kedua rute Pekanbaru-Sumbar yang melewati Kecamatan Tambang, Kampa, Rumbio Jaya, Kampar Utara, Bangkinang, Salo, Kuok, XIII Koto Kampar dengan Panjang 97.81 km ,dan Ketiga, rute Pekanbaru Rengat yang melewati Kecamatan Tambang, Tapung dan Siak Hulu sepanjang 61 km.

Catur juga mengatakan, dengan dibangunnya jalan tol, tentunya juga akan ada Rest Area yang akan dibangun di Dua tempat di Kabupaten Kampar. Pertama di Desa Bukit Sembilan Kecamatan Bangkinang, Kedua di Desa Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar (Area Sekitar Waduk PLTA Koto Panjang) dengan  Exit Toll di Desa Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang dan Desa Telo Kecamatan Bangkinang.

Dikatakan Catur, Pemerintah Kabupaten Kampar sangat mendukung pembangunan jalan tol tersebut, karena juga akan bisa mengekspos potensi wisata Kabupaten Kampar,  mengingat lokasi rest area berada di kawasan wisata Kabupaten Kampar yang juga selaras dengan kebijakan pemerintah pusat untuk menggalakkan wisata di daerah masing-masing.

Pada kesempatan tersebut, Catur juga mengimbau kepada masyarakat agar mendukung program pemerintah dalam pembangunan tersebut dengan memberikan kemudahan kepada pemerintah pusat dalam proses ganti rugi lahan yang nantinya terkena dampak pembangunan jalan tersebut. Karena sesungguhnya pembangunan jalan ini sangat berpengaruh pada peningkatan ekonomi masyarakat.

“Semoga pembangunan tol ini memberi nilai positif bagi Kabupaten Kampar di segala bidang, agar kemajuan Kabupaten Kampar dapat terwujud sebagaimana yang kita harapkan,” tegasnya.

Laporan          : Arifin

Editor/Posting : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button