JALAN PENGHUBUNG SEMENDO – LAHAT TERPUTUS SEMENTARA

0
265

Sumateranews.co.id, MUARA ENIM – Tingginya intensitas curah hujan beberapa hari terakhir ini di Kabupaten Muara Enim menyebabkan tanah longsor di Desa Muara Danau, Kecamatan Semende Darat Laut (SDL), Senin (9/10/2017).

Dari informasi yang didapat, material tanah longsor menimbun akses jalan provinsi dari Semendo menuju Kabupaten Lahat. Bahkan, menimpa sebuah minibus jenis Toyota Kijang yang saat itu tengah melintas.

Camat SDL, Fauzi saat dikonfirmasi mengatakan, lokasi longsoran tersebut juga tidak berjauhan dari titik longsor beberapa waktu lalu. Hanya saja, kali ini longsornya bukan badan jalan melainkan tanah tebing.

Untuk evakuasi, kata Fauzi, pihaknya mengalami kesulitan karena longsor yang menimpa akses badan jalan ini cukup panjang. “Kita tidak bisa melakukan pembukaan badan jalan secara manual. Namun memerlukan bantuan alat berat,” ungkap Fauzi.

Diterangkannya, panjang timbunan material tanah dari longsor yang menimpa badan jalan tersebut sekitar 35 meter. Dengan tebal material tanah kurang lebih 4 meter menimbun badan jalan.

“Kita sudah melaporkan ke Pemkab. Dan, pihak PU Provinsi juga sudah menanggapi laporan ini. Dan, akan sesegera mungkin menurunkan alat berat ke lokasi,” cetus Fauzi.

Lebih lanjut dirinya berharap akses jalan tersebut dapat terbuka kembali agar bisa dilalui masyarakat, karena jalan itu merupakan akses utama bagi warga menuju Kabupaten Lahat, Bengkulu, dan Pagaralam.

“Ada jalan lain, tetapi hanya mobil pribadi dan kecil yang bisa melintas di jalan alternatif. Tapi, kendaraan muatan berat truk dan pick up tidak bisa melintas,” tandasnya.

Laporan : Deka Saputra

Editor : Imam Ghazali

Posting : Andre

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article