Jalan Lintas Keban Agung Muara Enim Amblas dan Terputus

0
236

Warga Minta Pemerintah Segera Memperbaiki

MUARA ENIM – Akses jalan lintas utama Sumatera (Jalinsum) tepatnya di jalan lintas Desa Keban Agung, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, pada Minggu (9/1/2022) siang, terputus dan ambrol (amblas) hingga membentuk lubang besar.

Akibatnya selain menyebabkan kemacetan total karena sulit dilintasi terutama kendaraan-kendaraan bertonase besar, juga mengancam rumah-rumah warga sekitar karena khawatir akan terjadi tanah longsor dan amblas.

Dari informasi di lapangan menyebutkan, putusnya akses jalan provinsi dari Muara Enim menuju Lahat ini diduga disebabkan karena kerap dilalui oleh kendaraan berat terutama yang mengangkut batubara di jalan tersebut.

“Saya berinisiatif menarik sebuah ban atau penghalang untuk dipasang di jalan agar kendaraan tidak melintas karena telah berlobang besar bak (seperti) jurang,” sebut warga setempat yang tinggal tidak jauh dari lokasi kejadian.

Dikatakannya lagi, amblasnya jalan lintas tersebut terjadi tepat di jalan lintas Baturaja RT 06, Desa Keban Agung, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim.

“Sungguh miris melihat jalan itu, dapat terjadi amblas dan tentunya Pemerintah bersama DPRD Muara Enim khususnya di Dapil 4 agar segera mengambil tindakan tegas untuk perbaikan jalan tersebut. Mengingat tidak ada jalan alternatif lain untuk dilalui kendaraan khususnya yang bermuatan 30 Ton,” timpal Eko, warga lainnya kepada awak media.

Menurutnya, kejadian tersebut harus menjadi pembelajaran bagi semua pihak karena yang dirugikan adalah masyarakat dan pengguna jalan. “Peristiwa ini untuk menjadi pembelajaran kita semua terutama unsur terkait,” tutup Eko, seraya meminta pemkab Muara Enim untuk segera turun dan mengusulkannya agar segera diperbaiki. (Anil)

Editor : Donni