Ironis, Ratusan Kendaraan Dinas Belum Bayar Pajak

0
175

 

 Sumateranews.co.id, PRABUMULIH-            Rendahnya kesadaran membayar pajak ternyata bukan hanya terjadi ada perseorangan (masyarakat) saja, tapi juga terjadi pada dinas dan badan yang ada di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih. Terbukti, berdasarkan catatan di Badan Pendapatan Daerah Sumsel UPTB Kota Prabumulih hingga akhir 2016 lalu ratusan kendaraan dinas baik roda 2 (motor) maupun roda 4 (mobil) pajak nya  belum dibayar.

Padahal, tahun 2016 yang lalu Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mengeluarkan kebijakan dengan menghapuskan denda pajak alias melakukan pemutihan denda pajak. Berdasarkan informasi didapat, kendaraan-kendaraan dinas yang belum dibayarkan pajak tersebut tak hanya kendaraan yang berusia uzur alias tua saja tapi juga terdapat kendaraan yang masih baru.

Banyaknya kendaraan dinas yang nunggak pajak tersebut, diduga menjadi salah satu penyebab tidak tercapainya target penerimaan pajak di Badan Pendapatan Daerah Sumsel UPTB Kota Prabumulih tahun 2016 yang lalu.

“Ia memang benar banyak kendaraan dinas yang belum bayar pajak, tapi tak usah disebutkan berapa jumlahnya karena yang bayar lebih banyak yang bayar jumlahnya mencapai 3 ribuan kendaraan,” ujar salah seorang pegawai di Badan Pendapatan Daerah Sumsel UPTB Kota Prabumulih yang enggan identitasnya disebutkan, ketika dibincangi wartawan.

Disinggung apa penyebab kendaraan dinas tersebut belum dibayar pajaknya, sumber tersebut mengaku tidak tahu apa persoalannya. “Kalau apa alasannya coba tanyakan langsung kepada pemilik kendaraan, kami disini hanya bertugas memungut pajaknya saja. Tapi mungkin penyebabnya kendaraannya sudah tak terpakai karena rusak atau tua atau juga sudah dilelang,” ungkapnya.

Ketika disinggung apakah tunggakan tersebut masih terjadi hingga tahun 2017 ini, sumber tersebut enggan berkomentar panjang. “Masih ada tapi jumlahnya apakah mencapai ratusan atau tidak saya tidak bisa ungkapkan,” ucapnya.

Namun sayangnya wartawan belum dapat mengklarifikasi atau mengkonfirmasi kepada pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih dalam hal ini bagian umum setda kota prabumulih terkait banyaknya kendaraan dinas yang nunggak tersebut.

Kepala bagian (Kabag) Umum Setda Kota Prabumulih, A Mudin S.Sos, ketika dihubungi melalui telepon genggamnya tak berhasil dihubungi (tak aktif) begitu juga pesan singkat tak kunjung dibalas.

Laporan   : Fadli

Editor       : Imam Ghazali

Posting  : Andre

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article