Ironis! Pemkab OKI Minim Bantuan Kemanusiaan

0
179
Teks foto: Abdiyanto saat memberikan bantuan sembako kepada warga yang terkena banjir di Kelurahan Kedaton Kecamatan Kota Kayuagung (foto: ali)

Sumateranews.co.id, KAYUAGUNG- Curah hujan yang cukup tinggi dari bulan November hingga akhir Desember 2017 bahkan memasuki tahun 2018 Masehi, membuat beberapa daerah di Kab. OKI terendam. Seperti di Kecamatan Mesuji, Pedamaran, Sp. Padang, dan wilayah lainnya terutama wilayah Kecamatan Kota Kayuagung.

Selain air pasang yang merendam daerah persawahan sehingga petani gagal tanam akibat air meluap atau banjir. Luapan air juga merendam sebagian rumah warga Kecamatan Kota Kayuagung seperti di Kelurahan Kedaton, Mangunjaya, Sukadana, Perigi, Kutaraya, Kelurahan Kayuagung Asli dan Desa Tanjung Serang Kecamatan Kayuagung.

Meski beberapa media baik cetak, online, televisi telah memberitakan kejadian banjir yang melanda daerah tersebut. Ironisnya, hingga saat ini belum ada bantuan dari Pemkab.OKI untuk masyarakat yang terkena dampak banjir tersebut.

Menurut Yos (30) warga Kayuagung, banjir di Kayuagung khususnya di Kelurahan Kayuagung Asli terjadi sejak bulan Desember 2017 lalu. ‘’Di tengah polemik banjir yang tengah melanda daerah di Kab.OKI khususnya di Kayuagung, kami sangat kecewa dengan informasi bahwa hanya ada beberapa rumah di 9 kelurahan  yang terdampak banjir akibat luapan Sungai Komering. Padahal ada sekitar 200 lebih rumah warga  yang terendam. data itu dari mana,’’ tanyanya.

Lanjutnya, seperti di Kelurahan Kayuagung Asli berapa puluh rumah yang terendam banjir, hingga jalan yang menghubungkan Kelurahan Kayuagung hingga menuju jalan di Kelurahan Perigi Kecamatan Kota Kayuagung terputus. Parahnya, sampai air mulai surut, beluma ada pihak dari Pemkab. OKI yang memberikan bantuan sembako, dapur umum dan lainnya.

Hal senada dikatakan Mahat (56), hingga saat ini belum ada bantuan dari Pemkab.OKI untuk warga yang terkena banjir, khususnya di Kelurahan Kayuagung Asli Kecamatan Kota Kayuagung. ‘’Harapan kami Pemerintah daerah melalui instansi terkait dapat mendata secara akurat dan dapat segera memberikan bantuan terhadap warga yang terdampak banjir,’’ harapnya.

Dari pantauan awak media ini, meski air berangsur surut namun rumah-rumah warga masih tergenang air, bahkan air sewaktu-waktu meluap kembali dikarenakan curah hujan di Kayuagung dan wilayah  Kab.OKI masih tinggi. Mengenai bantuan untuk warga yang terdampak banjir, hingga saat ini beluma ada warga yang menerima bantuan sembako maupun makanan lainnya dari Pemkab. OKI.

Hanya dari salah satu Kandidat bakal calon Bupati OKI, Abdiyanto beserta relawannya yang telah memberikan sembako dan makanan lainnya serta sejumlah uang untuk keperluan warga di Kedaton Kecamatan Kota Kayuagung.

Laporan          : Aliaman

Editor/Posting : Imam Ghazali