Ironis, Bank Sampah Sejak 2016 Belum Difungsikan

0
210

Sumateranews.co.id, PALI- Ironis, bangunan bank sampah yang terletak di RT 02/RW 05, Kelurahan Talang Ubi Selatan, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yang dibangun pada tahun 2016 lalu, sampai saat ini belum difungsikan sebaimana semestinya, dan nyaris tak terawat.

Seperti dituturkan M. Jelita (45) merupakan warga setempat Sabtu (22/7). ‘’Bangunan bank sampah ini sudah lumayan lama selesai dibangun, namun sampai sekarang masih juga belum dipergunakan, bahkan sekarang ini sudah ada beberapa bagian kaca jendela yang hilang diduga dicuri orang. Setahu kami selama berdirinya bank sampah itu, kami belum pernah melihat aktifvitas di sana, selain itu juga kami lihat kaca jendela dan wadah untuk menampung air berupa tedmon sudah hilang juga,” tuturnya.

Hal tersebut diakui Yahya, Ketua RT 02/05 Kelurahan Talang Ubi Selatan. Belum difungsikannya bank sampah tersebut, menurutnya dikarenakan belum ada dana operasional untuk membayar tenaga kerja dan masih minim fasilitas perlengkapan.

“Bank sampah ini sudah lama dibangun namun sampai sekarang belum difungsihkan, bahkan belum disahkan oleh pemerintah, entah apa yang menjadi kendalanya, padahal listriknya sudah ada dan sudah bisa hidup,” tuturnya.

Selain itu, dia menjelaskan hilangnya kaca dan tangki tedmond tersebut diduga dicuri orang karena akhir-akhir ini tidak ada orang yang menjaganya.

“Dulu ada yang menjaga, namun sekarang sudah tidak ada lagi, sehingga keamanan bank sampah ini tidak terjamin lagi. Kita lihat sendiri, kaca jendela telah hilang dan 1 unit tangki tadmon juga telah hilang, diduga dicuri orang,” pungkasnya.

Laporan : Rica Mariska

Editor : Imam Ghazali

Posting : Andre

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article