Instalasi Pemadam Api, Syarat IMB Bisa Keluar

0
460

Sumateranews.co.id, BATURAJA- Pemerintah Kabuapten Ogan Komering Ulu (OKU) melalui Dinas Pemadam Kebakaran (PBK) terus menggalakkan upaya penyadaran masyarakat waspada bahaya kebakaran. Bahkan pemerintah OKU mengisyaratkan tidak akan mengeluarkan izin bagi bangunan yang tidak memiliki instalasi pemadaman api.

Hal ini dikatakan oleh Kepala PBK OKU Himda saat disambangi Jumat (2/2). Menurutnya, pihaknya terus berpikir keras bagai mana upaya untuk meminimalisirkan terjadinya kebakaran bangunan, rumah, dan pemukiman yang disebabkan oleh kelalaian manusia dan tidak standarnya fasilitas pencegahan kebakaran.
“Kita sangat serius ya dalam mengupayakan pencegahan kebakaran, bahkan saat ini, sesuai dengan aturan yang ada, Pemerintah OKU melalui Dinas Penanaman Modal dan Perizinan terpadu tidak akan mengeluarkan izin baik itu izin usaha maupun izin mendirikan bangunan sebelum ada rekomendasi dari PBK,” tegasnya.
Dijelaskannya, rekomendasi tersebut harus memenuhi syarat yang ditetapkan, salah satunya pihak pemohon harus membuat pernyataan bahwa akan melengkapi fasilitas pemadam kebakaran minimal menyediakan alat pemadam api ringan (APAR).
“Kalau tidak bisa menyediakan fasilitas alat pemadam, kami tidak akan mengeluarkan rekomendasi permohonan izin,” pungkasnya.

Laporan : Marully
Editor/Posting : Imam Ghazali