Inovasi Pelayanan, Dinsos Antarkan Langsung Akte Kelahiran ke Keluarga Miskin

0
205

Sumateranews.co.id, MUSI RAWAS- Dinas Sosial Kabupaten Musi Rawas terus membuat inovasi dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat khususnya bagi Keluarga Miskin.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Musi Rawas, Agus Susanto didampingi oleh Kasi Kesos Kecamatan Tugumulyo, Perangkat Desa Wukirsari dan Pendamping PKH menyerahkan secara langsung Akte Kelahiran kepada Asmawati dan Nanik Triyani yang baru melahirkan anaknya yang termasuk dalam Keluarga Miskin.

Kadinsos Mura Agus Susanto mengungkapkan inovasi jemput bola ini dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat miskin. Pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kabupaten Musi Rawas untuk melayani pengurusan Administrasi Kependudukan bagi masyarakat miskin.

“Selain itu, kegiatan ini merupakan uji coba Dinas Sosial dalam memfasilitasi keluarga miskin untuk mendapatkan Akte Kelahiran, berharap agar kedepannya melalui program ini setiap keluarga miskin yang melahirkan maka esoknya langsung bisa mendapatkan akte kelahiran. Kegiatan ini juga merupakan bentuk dukungan dan pengembangan Sistem Layanan Rujukan Terpadu dari Kementerian Sosial RI,” ujarnya, Rabu (24/7).

Apa yang telah dilakukan oleh pihak Dinsos Mura ini, Asmawati dan Nanik Triyani mengaku sangat bersyukur atas perhatian bagi keluarganya atas kedatangan Dinas Sosial beserta rombongannya ke rumahnya.

“Saya mengucapkan terima kasih Kepada Dinas Sosial beserta rombongan atas diberikannya Akte Kelahiran anak yang baru lahir,” kata Asmawati.

Dikatakan, Program ini sangat bermanfaat bagi dirinya, dengan diterimanya Akte Kelahiran maka telah ada pengakuan dari Negara atas diri anaknya. Dirinya mengucapkan terima kasih juga kepada Bupati Musi Rawas dan Dinas Sosial serta Pendamping Keluarga Harapan (PKH) yang telah memperhatikan masyarakat khususnya bagi keluarga miskin.

Sementara itu, perangkat Desa Wukirsari, Yusuf mengaku sangat terima kasih kepada Kadinsos yang telah membantu mengurus Akte Kelahiran untuk anak dari Keluarga Miskin di desanya. Hal yang seperti ini sangat mengejutkan bagi pemerintah desa dan keluarga penerima.

“Selama ini belum pernah ada yang seperti ini dan dirinya berharap program ini terus dilanjutkan karena sangat membantu masyarakat miskin,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, salah satu PKH Dinas Sosial Kabupaten Musi Rawas, Eri Rahmat mengungkapkan dalam pengurusan Akte Kelahiran untuk Keluarga Miskin tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis dan pihaknya bersama Kadinsos langsung mengantarkan ke warga yang bersangkutan.

Laporan          : Donna April
Editor/Posting : Imam Ghazali