Palembang

Inkindo Gelar Musprov

Sumateranews.co.id, PALEMBANG- DPD Konsultan Indonesia (Inkindo) Provinsi sukses melaksanakan Musyawarah Provinsi (Musprov) di Grand Ballroom Hotel Novotel Palembang, Senin (23/04/2018).

Musprov Inkindo kali ini mengangkat tema ‘’Tingkatkan Eksistensi dan Profesionalisme Anggota serta Mendukung Asian Games 2018’’. Inkindo merupakan perusahaan institusi perusahaan atau badan usaha jasa konsultasi yang terbesar di Indonesia.

Kadispora Sumsel H Akhmad Yusuf mengatakan, Inkindo ini harus mengakar di daerah khususnya mulai apresiasi mengenai biaya terus biaya konsultan itu sendiri. Ini harus terus diapresiasi dari pengaturan sanksi dan lain-lain melalui peraturan daerah juga melalui peraturan Gubernur. Lalu mewajibkan antara lain untuk menggunakan konsultan lokal dalam pembangunan di Sumatera Selatan tentu pendampingan dari dewan maupun dari Inkindo pusat.

Akmad mengungkapkan, Inkindo ini sudah beroperasi hampir 40 tahun. Sehingga kedudukan Inkindo konsultan konstruksi maupun nonkonstruksi ini apalagi dapat mendukung Asian Games. “Inkindo makin kuat, makin jaya, dan mendukung sepenuhnya untuk kegiatan-kegiatan Asian dengan pemerintah sudah kita masukkan dalam klausul di Peraturan Gubernur DIY, peraturan daerah dan lain-lain sehingga bilamana tidak terlaksanakan mempunyai sanksi,” bebernya.

Dewan Konsultan Pemerintahan Asosiasi Indonesia Murlan Tamba menyampaikan juga, Undang-undang Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Jasa Konstruksi. “Peraturan pemerintah khususnya untuk daerah diharapkan Pergub akan memberi peluang besar kepada usaha usaha jasa konstruksi, khususnya jasa konsultansi di dalam Perda itu atau Pergub untuk memberi satu ketentuan agar kepada para pelaku usaha jasa konsultansi bisa bekerjasama,” paparnya.

Murlan menambahkan,  misalkan ada pengusaha atau konsultan dari tempat lain masuk ke Sumsel supaya mereka bekerja sama dengan konsultan di Sumsel, tentunya ini akan memberi peluang besar kepada jasa konsultasi di daerah ini. “Kita berharap kepada pemerintah provinsi nanti akan ada institusi Apakah Perda atau Pergub dalam kaitan itu,” pungkasnya.

Adapun yang menghadiri acara tersebut  ketua DPP Inkindo Ir H Lasidi Pribadi, Ketua LPJK- P Sumsel Ir H Sastra Suganda, Ketua umum DPN Inkindo Ir. Nugroho Pudji Raharjo.

Ketua DPD Inkindo Sumsel Ismed, ST MM periode 2018-2022 mengatakan, program pertama adalah konsolidasi secara ke organisasian. Kedua sistem kepengurusan dengan sistem kebersamaan. Ketiga etika profesi harus  dijaga dan keempat kekuatan-kekuatan tim anggota yang ada sekarang ini dirangkul bersama-sama. “Tidak ada bahasanya disingkirkan, tidak ada blog dan kemenangan ini adalah kemenangan kita bersama. Bahwa ini adalah organisasi ini bisa kita jalankan dengan baik berkat atau dukungan dari teman-teman 135 orang,” tegasnya.

Laporan          : Wiwin

Editor/Posting : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button