HeadlinePemiluPrabumulihSumsel

Ini Dia Penjelasan Ketua KPU Prabumulih, Soal Dihentikannya Rekapitulasi Suara Hari Pertama 

PRABUMULIH – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Prabumulih, Senin (19/2), kembali melakukan proses rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat kecamatan, setelah 1 hari sebelumnya sempat dihentikan sementara.

“Dan hari ini seluruh penghitungan di kecamatan akan dilanjutkan, karena kemarin belum selesai rekapitulasi penghitungan di 3 kecamatan, hari ini akan dilanjutkan,” ungkap Ketua KPU Prabumulih, Martadinata, ketika diwawancarai media ini di kantor kecamatan Prabumulih Barat, Senin, 19 Februari 2024.

Menurutnya, ada instruksi dari pusat agar proses penghitungan suara dihentikan sementara. Lanjut dia, kenapa proses penghitungan suara dihentikan, karena adanya maintenance sistem dan perbaikan di sistem aplikasi Sirekap. Di samping karena petunjuk juknis dari rekapitulasi di kecamatan Sirekap dan Siplano asli.

“Benar ada instruksi dari pusat untuk menghentikan sementara proses penghitungan suara di tingkat kecamatan, karena banyaknya laporan kesalahan penghitungan oleh aplikasi sistem Sirekap,” ucap Martadinata.

Masih dikatakan Martadinata, bahwa penghentian sementara penghitungan suara dilakukan karena terjadi sistem input rekap KPU eror atau down.

Selain itu, Martadinata menambahkan, pihaknya juga menjaga agar tidak terjadi konflik, saat penghitungan suara Pileg tingkat DPRD kabupaten/kota.

“Untuk menghindari terjadinya konflik bila sistem tidak diperbaiki terlebih dahulu, apalagi sudah masuk ke tahap penghitungan suara DPRD kota,” tandasnya.

Sebelumnya, gelombang protes sempat disampaikan oleh beberapa saksi partai, yang kemarin mengikuti proses rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat kecamatan. Para saksi dan perwakilan partai merasa terkejut, saat tiba-tiba pihak KPU menghentikan sementara kegiatan tersebut.

Tindakan KPU ini pun memicu tanda tanya besar bagi kader partai yang sedang mengikuti penghitungan suara tingkat kecamatan, yang baru dimulai Minggu, (18/2/2024) kemarin.

Pihak PPK tiba-tiba menghentikan proses rekapitulasi suara, saat mendapat instruksi penghentian penghitungan suara tersebut, di beberapa kecamatan seperti kecamatan Prabumuiih Selatan, Cambai dan Prabumulih Utara, yang baru saja menyelesaikan penghitungan suara Pilpres. (King)

Editor: Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button