HeadlineMuraPALISumsel

Ingin Torehkan Sejarah, Herman Deru Persingkat Jarak Tempuh Palembang-Mura Tembus 3,5 Jam

sumateranews.co.id, PALI – Gubernur Sumsel H. Herman Deru pada tahun anggaran 2020 ini, kembali memberikan Bantuan Gubernur (Bangub) kepada Kabupaten PALI sebesar Rp63 Miliar. Bantuan tersebut di antaranya digunakan untuk perbaikan infrastruktur jalan penghubung Desa Semanggus, Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Pali hingga Kecamatan BTS Ulu Cecar Kabupaten Mura.

“Jalan Desa Semanggus Kecamatan Talang Ubi ke Cecar sepanjang 4,13 KM ini akan tersambung nanti ke arah Kabupaten Mura dan ke arah Kabupaten Pali. Nanti bertemu di tengah di tahun 2021. Jadi total penanganan bantuan Gubernur Sumsel untuk Kabupaten Pali sebesar Rp63 miliar,” kata Gubernur Sumsel Herman Deru, saat bersilaturahmi bersama masyarakat Desa Semanggus Kecamatan Talang Ubi Kabupaten PALI, pada Minggu (30/8) lalu.

Untuk memastikan kondisi jalan 4,13 KM tersebut, Gubernur Sumsel H. Herman Deru bersama Bupati Musi Rawas Hendra Gunawan beserta rombongan menjajal langsung medan jalan penghubung antara Kabupaten Musi Rawas dan Kabupaten PALI dengan menggunakan kendaraan motor roda dua. Peninjaun itu mulai dari Sp. Semabang kemudian Kelurahan Sp. 9 Bangun Jaya – Simpang Stasiun Jane di Kabupaten Musi Rawas hingga terus menuju Desa Semanggus Kecamatan Talang Ubi Kabupaten PALI.

Setiba di Desa Semanggus Kecamatan Talang Ubi Kabupaten PALI, Gubernur Sumsel H. Herman Deru bersilaturahmi bersama masyarakat sekitar sekaligus memastikan Pemprov Sumsel tengah fokus dalam pembangunan dan perbaikan infrastruktur salah satunya di Kabupaten PALI dan Mura.

Di sana, HD juga segera mengintruksikan kepada Kepala Dinas Perkim Provinsi Sumsel untuk membangun tugu agar para pendatang dan pengguna akses jalan mengetahui batas kedua kabupaten itu baik Kabupaten Mura dan Kabupaten PALI yang fungsinya juga sebagai penunjuk arah.

Gubernur Herman Deru mengatakan, pembangunan jalan penghubung ini harus cepat terealisasikan selain untuk memangkas jarak tempuh antara dua Kabupaten tersebut juga untuk memudahkan akses serta meminimalkan biaya transportasi dalam pertukaran hasil komoditas antara kedua kabupaten bertetangga tersebut.

“Untuk ke Mura ada tiga opsi pertama bisa lewat tebing tapi belasan jam, terus juga ada jalan Mangun Jaya Muara Lakitan itu bisa sembilan jam. Saya bersama Bupati Mura dan Bupati PALI akan mencatatkan sejarah agar Palembang dan Mura itu bisa ditempuh dengan tiga jam setengah, ini melalui Kabupaten PALI kemudian tembus ke Kecamatan BTS Ulu Cecar. Mudah-mudahan ini terealisasi di tahun 2021,” tuturnya.

Pada hari yang sama Gubernur Sumsel H. Herman Deru juga memberikan bantuan untuk pelaksanaan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan kepada Kabupaten Musi Rawas bertempat di Desa Yudha Karya Kecamatan Suka Karya, pada Minggu (30/8) pagi.

Laporan : Rilis/Win III Editor : Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button