Indra Sjafri Sudahi Metode Blusukan

0
747
Indra Sjafri mengatakan tak akan terus hidup di masa lampau kala Timnas Indonesia U-19 juara Piala AFF U-18 2013. (Detikcom/Agung Phambudhy)

Sumateranews.co.id, JAKARTA  ̶  Pelatih timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri dikenal sebagai sosok yang sering mendapatkan pemain dari turnamen-turnamen di berbagai daerah plosok atau lebih dikenal dengan metode blusukan.

Banyak pemain muda berbakat yang didapat oleh Indra Sjafri berkat hasil blusukan tersebut. Namun saat ini dirinya tak lagi melakukan metode itu.

Adalah berkat PSSI yang baru saja memperkenalkan kompetisi untuk para pemain muda di level U-16 dan U-19. Dimana setiap klub Liga 1 harus memiliki tim junior untuk tampil di dua ajang tersebut.

Liga 1 U-19 sendiri sudah dimulai sejak tahun lalu, sedangkan untuk U-16 akan dimulai pada akhir bulan September 2018.

“Saya main judi saat scouting tanpa kompetisi. Karena saya cuma punya 1-2 jam (untuk memantau) jadi tak akurat. Blusukan itu cara paling tidak baik,” tegas Indra Sjafri.

“Kompetisi usia dini itu sangat menentukan. Di sana kita bisa lihat permainan pemain dari satu laga ke lainnya,” imbuhnya.

Musim lalu Liga 1 U-19 memunculkan nama Persipura Jayapura sebagai jawaranya. Para pemain dari tim junior lantas dipromosikan ke tim senior, sebut saja Todd Rivaldo Ferre atau Boaz Isir.

 

Sumber : Bolalob

Editor    : Syarif