Ikut Pilkada Lahat, Dewan dan PNS Harus Mundur dari Jabatannya

0
153

 

 Sumateranews.co.id, LAHAT – Seluruh anggota DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Lahat yang ikut Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) pada tahun 2018 mendatang wajib mengundurkan diri dari jabatannya. KPU Lahat akan menerima berkas pendaftaran Cabub mulai bulan Januari 2018 mendatang.

Ketua KPU Kabupaten Lahat Rizal Nuzir melalui Wakil ketua Hasanuddin mengatakan, anggota DPRD Lahat yang akan ikut pilkada wajib mengundurkan diri dari pimpinan atau statusnya sebagai anggota DPDR Lahat. Jika hal ini tidak dilaksanakan maka yang bersangkutan akan dibatalkan proses pencalonannya.

“Artinya begitu berkas masuk sudah melampirkan SK Gubernur tentang pemberhentian itu, sehingga total berhenti terhitung dari 1 Januari 2018, berarti jika masa pengabdian DPRD lahat berakhir Agustus 2019 maka praktis DPRD mundur selama 20 bulan atau 1 tahun dan 8 bulan,” ujarnya.

Ditambahkannya, untuk PNS yang ikut Pilkada Lahat maka berdasarkan UU wajib behenti dari status PNS terhitung mulai pendaftaran sekira Januari 2018. Artinya Januari SK BAKN sudah di tangan pada bulan Agustus 2018.

“Dengan demikian para kandidat sudah mulai mempertimbangkankan sejak dini, jangan sampai pada saatnya didiskualifikasi ketika berkas diverifikasi saat pendaftaran,” tandasnya.

FR (34) salah satu anggota DPRD Lahat  mengungkapkan, menyambut baik wacana KPU Lahat khususnya bagi para wakil rakyat yang hendak maju pada Pilkada tahun 2018 mendatang. Sehingga hal ini akan benar – benar berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku dan para kandidat tidak memiliki beban selama mengikuti proses tahapan.

“Jika mereka masih menjabat maka konsentrasi akan terpecah, namun jika telah berhenti maka bakal cabup yang bertarung akan benar – benar melaksanakan tugasnya.

Sekretaris DPRD Kabupaten lahat Sapran Cik Min mengatakan Kamis (21/6) bahwa sampai detik ini para Anggota Dewan yang saat sekarang sudah mendaftar ke partai-partai seperti Parhan Berza, Purnawarman Kias, Cik Ujang, dan Herliasyah, belum ada yang mengajukan pengunduran diri sebagai anggota dewan yang akan ikut maju dalam  pilkada 2018 ke ketua maupun  ke sekretariat DPRD Lahat.

Laporan     : Novita

Editor         : Imam Ghazali   

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article