BanyuasinSecond HeadlineSumsel

Idul Adha, Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin Ajak Momentum Saling Erat Silaturahmi

Sumateranews.co.id, BANYUASIN – Bupati didampingi Wakil Bupati Banyuasin H. Slamet Somosentono, SH beserta ribuan masyarakat melaksanakan ibadah shalat Idul Adha di Masjid Al Amir Komplek Perkantoran Pemkab Banyuasin, Minggu (11/08).

Askolani datang bersama Istri dr. Sri Fitriyanti. Turut hadir Wakil Ketua DPRD Banyuasin, Pj. Sekda, para Asisten, para Kepala OPD Banyuasin. Bertindak sebagai Imam dan Khotib Drs. H. Amri Siregar, MAg.

Dalam kesempatan itu Askolani mengucapkan selamat hari raya bagi seluruh umat muslim di seluruh Indonesia, khususnya masyarakat Kabupaten Banyuasin.

“Selamat hari Raya Idul Adha, mohon maaf lahir dan batin. Mari kita saling mempererat tali silaturrahmi antar masyarakat, ulama dan pemerintah Kabupaten Banyuasin,” ucapnya.

Bupati Banyuasin H. Askolani, SH MH juga mengajak masyarakat Banyuasin untuk memaknai kurban yang dilakukan Nabi Ibrahim dan Ismail. “Memaknai hari raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban sebagai bentuk ketaatan manusia kepada Tuhannya untuk berbagi kepada saudaranya yang belum sejahtera,” tutur Askolani.

“Hari raya kurban merupakan hari berbagi kenikmatan makan enak di Hari Lebaran Idul Adha. Ini suatu peringatan bagi kita bahwa yang kita cita-citakan harus siap dikurbankan dan diberikan kepada mereka yang berhak,” sambung Askolani.

Lebih lanjut orang nomor satu di Bumi Sedulang Setudung tersebut mengajak masyarakat secara bersama-sama dalam membangun Kabupaten Banyuasin menjadi lebih baik dalam mewujudkan Banyuasin bangkit adil dan sejahtera.

Sementara, Khotib Imam Drs. H. Amri Siregar, M.Ag dalam ceramahnya mengatakan ibadah haji dan qurban sekali lagi mengingatkan kita terhadap kehidupan keluarga Nabi Ibrahim, bagaimana mereka berjuang dan berkurban untuk mendapatkan ridla Allah. Ibadah tersebut juga mengokohkan semangat kita untuk merenungkan apa arti qurban dan ibadah haji pada masa kini.

Menurutnya, haji dan kurban adalah syariat untuk penyucian jiwa, membersihkan kotoran yang ada pada hati kita, sifat-sifat ananiyah atau egoisme dibersihkan melalui ibadah haji dan menyembelih kurban. Kita tebar kepedulian sosial kita kepada sesama umat manusia melalui penyebarluasan daging kurban. Demikian pula persahabatan hakiki kita jalin antarsesama muslim sedunia melalui ibadah haji.

“Di hari Idul Adha ini marilah kita perkuat persatuan dan kesatuan umat ini, kita bangun masyarakat yang damai, saling nasihat, saling peduli sesama, karena kita bersaudara,” kata mantan Kakan Kemenag Banyuasin ini.

Pada Hari Raya Idhul Adha tahun ini, Masjid Al Amir mengurbankan 9 ekor sapi. Usai melaksanakan ibadah Shalat Id, Bupati Banyuasin dan Wakil Bupati Banyuasin menggelar acara open house di rumah dinas.

Laporan          : Herwanto

Editor/Posting : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button