HeadlinePalembang

HUT Ke-73 TNI, Pangdam Pimpin Prajurit Kodam II/Swj Ziarah ke Ksatria Ksetra Siguntang

Sumateranews.co.id, PALEMBANG- Segenap Prajurit TNI dari tiga matra, baik TNI AD, TNI AL, dan TNI AU beserta PNS TNI yang bertugas di wilayah Garnizun Palembang melaksanakan Ziarah dalam rangka memperingati HUT Ke-73 TNI Tahun 2018, Kamis (4/10/2018) pukul. 08.00 WIB, bertempat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Ksatria Ksetra Siguntang, KM. 3,5 Palembang.

Selain dalam rangka memperingati HUT Ke-73 TNI, upacara ziarah ini merupakan salah satu bentuk penghormatan kepada jasa para pahlawan, sekaligus mendoakan arwah para pejuang dan pahlawan yang telah gugur dan rela mengorbankan jiwa raganya, demi bangsa dan negara.

Dalam upacara ziarah kali ini, bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Panglima Kodam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., didampingi Danlanal dan Danlanud Palembang. Hadir dalam ziarah tersebut, Kasdam II/Swj Brigjen TNI Syafrial, psc., M. Tr (Han)., Danrem 044/Gapo, para Asisten Kasdam II/Swj, para Dan/Kabalakdam II/Swj, Korps Wanita TNI, Ketua dan Wakil beserta para Pengurus Dharma Pertiwi Daerah ‘B, para Veteran dan HIPAKAD.

Upacara yang berlangsung dengan tertib dan khidmat, diawali dengan penghormatan kepada arwah para Pahlawan oleh segenap peserta upacara yang dipimpin langsung oleh Inspektur Upacara.

Selanjutnya, untuk mengenang jasa dan pengorbanan para pahlawan dilaksanakan mengheningkan cipta dan peletakan karangan bunga pada Tugu Makam Pahlawan oleh Inspektur Upacara.

Selain itu juga, dilaksanakan pembacaan doa untuk arwah pahlawan kusuma bangsa yang telah gugur membela bangsa dan Negara, agar diampuni dosanya dan diterima di sisi-Nya sesuai dengan amal baktinya serta penghormatan terakhir kepada Arwah Pahlawan.

Upacara ziarah diakhiri dengan penaburan bunga tabur di pusara para pahlawan kusuma bangsa, yang dlakukan oleh Inspektur Upacara diikuti para peserta upacara serta pengisian dan penandatangan buku tamu.

Dalam rangkaian HUT Ke-73 TNI tahun 2018, yang mengangkat tema Profesionalisme TNI Untuk Rakyat, juga akan digelar Pameran Alutsista TNI mulai tanggal 5 s.d 7 Oktober 2018 di Pelataran Parkir Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, terbuka untuk umum.

Sedangkan puncak peringatan HUT Ke-73 TNI di wilayah Palembang, akan dilaksanakan esok hari Kamis, 5 Oktober 2018, yang dipusatkan di lapangan Stadion Garuda Sriwijaya (SGS) Markas Jasdam II/Swj Palembang, dan dirangkaikan dengan pagelaran Tari Kolosal dan demo Bela diri, dilanjutkan syukuran dan panggung prajurit.

Sumber          : Pendam II
Editor/Posting : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button