PendidikanSecond Headline

HMPS Basastra FKIP UPGRI Gelar Lomba Puisi se Sumsel

Sumateranews.co.id, PALEMBANG − Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Bahasa dan Sastra (Basastra) Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Palembang beserta Sanggar Bastra Universitas PGRI Palembang, mengadakan perlombaan baca puisi tingkat Mahasiswa dan tingkat SMA se Sumatera Selatan (Sumsel) dalam rangka memperingati bulan bahasa. Perlombaan baca puisi ini dilaksanakan di ruang aula lantai 4 gedung Sience Center Universitas PGRI Palembang. Selasa (22/10/2019).

Jumlah peserta lomba baca puisi dalam acara tersebut sebanyak 40 orang yang terdiri dari 25 peserta mahasiswa dan 15 peserta siswa SMA yang berasal dari berbagai Universitas dan SMA di Sumsel. Sebelum memulai perlombaan para dewan juri memberikan arahan terlebih dahulu mengenai format penilaian kepada seluruh peserta agar para peserta memahami poin-poin apa saja yang akan dinilai pada saat mereka membaca puisi tersebut.

Muhammad Munawir, S.Pd. salah satu juri baca puisi tingkat mahasiswa menjelaskan bahwa dalam membaca puisi penting untuk mengintrepretasikan puisi dengan benar agar bisa membangun ekspresi, intonasi, dan artikulasi serta vokal yang tepat.

“Sebelum membaca puisi penting sekali untuk menginterpretasikan atau memahami puisi dengan benar, karena kalau sudah memahami puisi dengan benar maka akan sangat membantu untuk membangun ekspresi, intonasi, artikulasi dan vokal yang tepat juga, sehingga bisa membuat puisi yang dibacakan menjadi memilki emosi yang kuat”, ungkapnya.

Para peserta yang mengikuti lomba baca puisi Semarak Bulan Bahasa IV harus membaca dua puisi yaitu satu puisi wajib dan satu puisi pilihan yang sudah disediakan oleh panitia. Puisi wajib yang harus dibacakan oleh peserta tingkat mahasiswa berjudul “Tanah Air Mata” karya Sutardji Calzoum Bahri sedangkan puisi wajib yang harus dibacakan oleh peserta tingkat SMA berjudul “AKU” karya Chairil Anwar.

Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Hetty Laniar, M.Pd. mengatakan bahwa lomba baca puisi yang merupakan salah satu tangkai lomba di acara Semarak Bulan Bahasa ini bukan hanya untuk memperingati bulan bahasa saja tetapi lomba baca puisi ini juga dijadikan wadah untuk para mahasiswa dan siswa mengembangkan kreatifitas yang ada dalam dirinya. Beliau juga mengucapkan banyak terimakasih kepada HMPS dan Sanggar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang sudah membantu menyukseskan acara ini.

“Lomba baca puisi yang merupakan salah satu tangkai lomba di acara Semarak Bulan Bahasa bukan hanya untuk memperingati bulan bahasa saja akan tetapi dijadikan wadah bagi para mahasiswa dan siswa untuk bisa mengembangkan kreatifitas dan pengalaman bersastra pada dirinya masing-masing. Saya juga mengucapkan kepada HMPS dan Sanggar Bahasa dan Sastra Indonesia yang sudah membantu menyukseskan acara tahunan PRODI Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini. Semoga tahun depan kita bisa buat Semarak Bulan Bahasa ini menjadi lebih baik dan meriah dari tahun ini”, ungkapnya.

Ditemui secara terpisah Dekan FKIP Universitas PGRI Palembang Dr. Dessy Wardiah, M.Pd. mengungkapkan rasa bangganya kepada Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia karena bisa terus mengadakan acara Semarak Bulan Bahasa ini setiap tahunnya.

“Saya merasa bangga Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia karena bisa terus mengadakan acara Semarak Bulan Bahasa ini setiap tahunnya. Semoga melalui acara ini para mahasiswa bisa mengembangkan bakat dan minatnya dibidang bersastra dan kebahasaan serta semakin mencintai bahasa Indonesia”, pungkasnya.

Selaras dengan Dekan FKIP, Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. Bukman Lian, MM., M.Si, mengungkapkan rasa bangganya terhadap Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia karena mampu menggerakkan HMPS dan Sanggar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk membuat acara semeriah ini.

Untuk diketahui, acara memperingati bulan bahasa ini dilaksanakan setiap bulan Oktober setiap tahunnya oleh HMPS Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Sanggar Bastra yang diberi nama “Semarak Bulan Bahasa”. Tahun ini adalah Semarak Bulan Bahasa IV yang di dalamnya terdapat berbagai perlombaan yaitu pemilihan duta bahasa dan sastra Indonesia, lomba baca puisi, lomba orasi, lomba pantun bersambut, lomba menulis cerpen, dan lomba stand up comedy. Di akhir perlombaan baca puisi para juri juga membacakan satu puisi sebagai persembahan terakhir juri kepada para peserta lomba baca puisi Semarak Bulan Bahasa IV.

 

Sumber : FKIP UPGRI/Lv

Editor    : Syarif

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button