HKN ke-53, Dinkes OI Ajak Senam HKN

0
323

Sumateranews.co.id, INDRALAYA – Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 yang jatuh pada Ahad  12 November 2017, Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir melalui Dinas Kesehatan Ogan Ilir melaksanakan berbagai kegiatan. Salah satunya adalah senam HKN.

Kepala Dinas Kesehatan OI Hj.Dr Siska Susanti, M.Kes menjelaskan, senam HKN tersebut digelar dan dilaksanakan Ahad pagi, pukul 07.30 WIB di Perkantoran Terpadu Tanjung Senai.

Dikatakannya, senam HKN tersebut terbuka untuk umum. Seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali boleh mengikutinya. “Usai senam akan diadakan pembagian doorprize (hadiah) kepada peserta. Kita jemput seluruh masyarakat untuk hadir dan mengikuti senam HKN tersebut,” imbuhnya, Ahad (12/11/2017).

Selain senam HKN, dalam rangka memperingati HKN ke-53 tahun 2017 ini pihaknya juga memberikan layanan gratis sunatan massal yang diikuti 60 peserta dari 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Ogan Ilir. Menyinggung tentang Germas, Dr Siska begitu  dia akrab disapa menerangkan bahwa Germas merupakan gerakan nasional. Germas ini dicanangkan dalam rangka penguatan pembangunan kesehatan yang mengedepankan upaya promotif-preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat dalam memasyarakatkan paradigma sehat.

“Germas bertujuan untuk menurunkan beban penyakit, menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan,” jelas Siska.

Ditambahkannya, dalam kehidupan sehari-hari, praktik hidup sehat merupakan salah satu wujud Revolusi Mental.

“Germas mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup sehat, agar mampu mengubah kebiasaan-kebiasaan atau perilaku tidak sehat. Mari kita budayakan hidup sehat dengan melakukan langkah kecil melalui perubahan pola hidup ke arah yang lebih sehat,” ajaknya.

Di bagian lain dan untuk menyukseskan Germas, Dr.Siska mengatakan, tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja.

Karena itu, dia mengajak seluruh Perangkat Daerah di Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir, dunia usaha, tokoh agama, akademisi, dan masyarakat, untuk memberikan dukungan, komitmen, dan peran-sertanya dalam bergotong-royong meningkatkan kesadaran, kemauan, dan  kemampuan hidup sehat bagi setiap orang.

Hadir dalam senam sehat bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Ogan Ilir H. Herman SH MM, Perwira Penghubung Kodim 0402 OI/OKI, Kabagsunda Polres OI, Ketua KONI, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah OI, Kepala Puskesmas se-Kabupaten OI, perwakilan Bank Sumsel Babel, Kadin Dispora, Kadin Dukcapil OI, serta masyarakat OI.

Laporan           : H. Sanditya Lubis

Editor/Posting  : Imam Ghazali

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article