Crime HistoryPalembangSecond HeadlineSumsel

Hingga Hari Terakhir, Kemenkumham Sumsel Perketat Pengamanan Layanan Kunjungan Idul Fitri 1445 H

PALEMBANG – Kemenkumham Sumsel memperketat pengamanan dan pengawasan pelaksanaan layanan kunjungan Idul Fitri 1445 Hijriah pada Lapas dan Rutan di Sumsel. 

“Selama pelaksanaan kegiatan di Hari Raya Idul Fitri, Lapas/Rutan/LPKA di wilayah Kanwil Kemenkumham Sumsel memperketat pengamanan dan pengawasan dengan bersinergi bersama aparat penegak hukum untuk mempertebal pengamanan khususnya pada jam kegiatan layanan kunjungan tatap muka,” ujar Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Ilham Djaya, akhir pekan kemarin.

Kakanwil Ilham Djaya juga menyampaikan apresiasinya serta berpesan kepada seluruh petugas untuk selalu siaga dan waspada terhadap potensi gangguan keamanan dan ketertiban serta meningkatkan pengamanan dan pengawasan demi kelancaran kegiatan Hari Raya Idul Fitri 1445 H, baik di dalam lingkungan UPT maupun lingkungan luar di sekitarnya.

“Layanan ini dapat menjadi penawar rasa rindu warga binaan terhadap keluarga. Oleh karena itu, saya berharap kepada teman-teman WBP dan keluarga agar dapat memanfaatkan layanan ini dengan sebaik-baiknya,” ucap Ilham.

Lebih lanjut, Ilham Djaya menyampaikan, bahwa sejauh ini layanan kunjungan tatap muka dan layanan penitipan barang/makanan bagi WBP pada Lapas/Rutan/LPKA di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel pada hari raya Idul Fitri 1445 H berjalan dengan lancar dan kondusif.

Dengan adanya layanan kunjungan tatap muka itu, Ilham Djaya berharap layanan tersebut dapat membawa kebahagiaan bagi para warga binaan beserta keluarga dan menjadi momen yang berkesan di hari kemenangan ini.

Sebelumnya, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumsel, Mulyadi melakukan monitoring pelaksanaan layanan kunjungan Idul Fitri 1445 Hijiriah pada Lapas dan Rutan di Sumsel, pada Kamis (11/4).

Kegiatan dilakukan guna memantau jalannya kegiatan kunjungan tatap muka di sejumlah Lapas. Kadivpas Mulyadi memastikan kegiatan itu lancar dan sesuai dengan ketentuan.

Dari pantauan, Kadivpas Mulyadi memulai pemantauan di LPKA Palembang, kemudian Rutan Palembang, Lapas Perempuan Palembang, Lapas Kelas I Palembang, dan Lapas Narkotika Banyuasin.

Pelaksanaan Layanan Kunjungan Lebaran kali ini dilaksanakan selama 4 hari, terhitung dari tanggal 10 sampai dengan 13 April 2023 mendatang. Selain dari Regu Pengamanan, ada tambahan pegawai staf personel Layanan Kunjungan yang dikerahkan pada tiap harinya secara bergantian.

“Adapun Jam Layanan kunjungan pada Pukul 07.30 hingga 15.00 WIB,” ungkap Kadiv Pemasyarakatan Mulyadi.

Dikatakannya, pada layanan kunjungan hari pertama Idul Fitri, tanggal 10 April 2024, tercatat sebanyak 3.218 orang WBP yang telah dikunjungi oleh masing-masing anggota keluarganya atau sebanyak 12.672 orang pengunjung.

“Alhamdulillah tidak terdapat kendala maupun temuan barang terlarang pada kunjungan tatap muka kali ini,” tukasnya. (**)

Editor: Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button