HeadlineNasionalPalembang

Hilal Tak Terlihat, Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1440 H Jatuh pada Rabu, 5 Juni 2019

Sumateranews.co.id, JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Agama Republik Indonesia menetapkan 1 Syawal 1440 Hijriah jatuh pada Rabu, 5 Juni 2019. Penetapan ini dilakukan setelah Kemenag menggelar sidang isbat, Senin malam (3/6/2019), di Kementerian Agama, Jakarta.

Sidang isbat dipimpin oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Lukman menuturkan, dari pantauan hilal yang dilakukan, tidak ada satu pun yang berhasil melihat hilal.

“Ketika hal itu terjadi, maka bulan Ramadan tahun ini digenapkan jadi 30 hari. Itu artinya besok hari Selasa kita masih puasa karena besok masih Ramadan. Dengan demikian, 1 Syawal 1440 Hijriah jatuh pada hari Rabu, 5 Juni 2019. Itulah hasil sidang isbat kali ini,” ujar Lukman dalam konferensi pers, seusai sidang isbat.

Menurut Lukman, penetapan ini dibuat berdasarkan dua hal yaitu penghitungan hisab dan metode rukyat. Proses penetapan ini dimulai setelah ibadah salat Magrib. Masing-masing perwakilan Kemenag yang tersebar di 105 titik melaporkan hasil hisab dan pantauan rukyatul hilal di titik masing-masing.

Adapun, sidang isbat ini digelar dengan melibatkan unsur Kementerian Agama, DPR, MUI, ormas-ormas Islam, serta perwakilan negara sahabat.

Laporan : Red

Editor     : Donni

Sumber  : Kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button