Herman Deru Berikan Penghargaan Siddhakarya Bagi Perusahaan Peduli Pemberdayaan Lingkungan dan Tenaga Kerja 

PALEMBANG – Gubernur Sumsel, H Herman Deru memberikan apresiasi kepada sejumlah perusahan dan perorangan yang telah berhasil meraih penghargaan Siddhakarya Tahun 2022. Penghargaan Siddhakarya diberikan atas peransertanya dalam rekrutmen tenaga kerja sehingga ikut serta menekan angka pengangguran di Sumsel.

Disela-sela pemberian penghargaan Siddhakarya Tahun 2022 yang digelar Dinas Tenaga Kerja provinsi Sumsel bertempat di Ballrom Golden Sriwijaya Palembang, Selasa (22/11), Gubernur Herman Deru menegaskan, bahwa penghargaan yang diberjkan merupakan simbol apresiasi dari pemerintah kepada lembaga atau perseorangan dalam rekrutmen tenaga kerja atau bentuk lainnya yang hasilnya dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Selamat kepada yang menerima penghargaan. Penerimanya merupakan hasil penilaian yang sangat selektif dan tidak berpihak,” katanya.

Herman Deru mengapresiasi sejumlah  perusahaan dan perorangan yang menerima penghargaan karena mampu menginspirasi semua kalangan termasuk memacu anak-anak muda untuk berkopentisi dalam membuka usaha.

“Kenapa kita undang pemuda ini, sebab persaingan kita ini semakin ketat, maka pemerintah hadir di sini untuk menyeimbangkan persaingan itu,” tuturnya.

Di sisi lain, Herman Deru menegaskan, ada beberapa sektor yang perlu diperhatikan dan didorong terutama dalam membuka lapangan pekerjaan yaitu IKM dan UMKM. Sehingga nantinya dapat merubah maindset masyarakat menjadikan masyarakat produktif.

“Ini kita dorong, kita berikan kemudahan-kemudahan baik di dalam permodalan, keterampilan dan pemasarannya. Saya ingin semua pihak dapat mendukung dan mendorong ini,” tambahnya.

Herman Deru mengajak kabupaten/kota untuk terus mendorong lahirnya tenaga kerja terampil dengan memanfaatkan fasilitas BLK provinsi yang semua kelengkapan pelatihan sudah sangat lengkap.

“Kabupaten/kota kita ajak terus cetak tenaga kerja terampil siap pakai. Jika perlu bawa semua pemuda-pemuda yang ada di daerah kita latih di BLK Provinsi,” harapnya.

Dia juga mengajak semua pemangku kepentingan untuk memberikan kemudahan bagi dunia usia yang baru memulai usahanya. Dengan memberikan permodalan, pemberian pelatihan teknik marketing dan pemasaran produk.

“Pelaku usaha harus kita dukung dengan memberikan kemudahan. Jangan dibebani dengan aturan yang sifatnya terlalu kaku. Apalagi itu usaha baru,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi provinsi Sumsel H. Koimudin mengatakan, penyerahan Penganugerahan Siddhakarya sebagai salah satu upaya Pemprov Sumsel dalam mendorong kreativitas dan produktivitas di kalangan dunia usaha.

Kemudian lanjut dia, penghargaan dimaksudkan untuk meningkatkan produtivitas UMKM, mendorong perusahaan untuk peran dalam menciptakan lapangan kerja untuk  meningkatkan kesejahteraan dan  menurunkan angka kemiskinan.

“Penilaian meliputi sapek kepemimpinan, perencanan strategis, fokus pada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), data informasi dan administrasi yang akurat serta manajemen proses dan hasil usaha dan lainnya,” paparnya.

Untuk diketahui sejumlah perusahaan, lembaga dan perseorangan yang mendapatkan penghargaan Siddhakarya dari Herman Deru meliputi Anugerah Siddhakarya kategori Unggul di antaranya, PT. Kirana Permata, Nippon Indosari Corpindo, PT. Golden Blossom Sumatera, PT. Bimi Berkah Boga, PT. Perkebunan Wak Uban dan PT. Bumi Musi Sukses.

Sertifikat kompetisi dari Badan Nasional Sertifikat Profesi yang diberikan sebanyak 352 se Sumsel.

Kemudian Kategori Berkembang, Cindai Florist Palembang, Fudgies dan Rifera. Selain itu, juga diberikan Penghargaan kepada Wali kota/Bupati dengan Kategori sebagai Pembina Produktivitas Tingkat kabupaten/kota kepada  Wali kota Palembang, Bupati Banyuasin, Bupati Pali, Pj. Bupati Muara Enim dan Bupati Ogan Ilir. (Ril)

Editor: Donni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *