Heboh, Warga di Sidorejo Pagaralam Mengamuk dan Bakar Rumah Sendiri

0
638

Terungkap Memiliki Keterbelakangan Mental

PAGARALAM – Warga Kelurahan Sidorejo tepatnya di lingkungan RT 14 RW 05, Kecamatan Pagaralam Selatan, Kota Pagaralam, pada Senin malam, 11 April 2022, dibuat panik dan gempar setelah salah satu warganya mengamuk dan membakar rumahnya sendiri.

Warga pun sempat merasa kesulitan mengamankan dan mencegah aksi pria  bernama Rudi Hartono (40 th) ini karena selalu memberontak dan membabi buta menggunakan senjata tajam jenis parang setiap akan diamankan.

Aksi bakar rumah yang terjadi saat warga melaksanakan salat tarawih berjamaah ini barulah bisa dikuasai sekitar 5 jam kemudian setelah jajaran Polres Pagaralam yang dipimpin langsung Wakapolres Kompol Hermansyah dibantu petugas Damkar Pagaralam, dan warga berhasil melumpuhkan pelaku.

Dari keterangan di lapangan, beruntung kobaran api belum sempat menyambar rumah warga lain karena keburu diketahui warga lain.

Warga yang panik pun berjibaku berusaha memadamkan api dan menenangkan pelaku, yang belakangan diketahui memiliki keterbelakangan mental. Dikarenakan pelaku mengurung diri di dalam rumahnya dan mengamuk setiap akan didekati.

Tindakan pelaku baru bisa diredam, setelah Anggota Polres Pagaralam bergerak cepat, dan bekerja sama dengan Damkar kota Pagaralam, berhasil mendobrak pintu rumah dan mengamankan pelaku.

“Pelaku sendiri membawa senjata tajam dan berupaya membacok siapa saja yang mendekat,” ujar Kasat Reskrim Polres Pagaralam, AKP. Najamudin.

Kasat menerangkan, lebih dari lima jam untuk menaklukan Rudi. Bahkan segala upaya dilakukan oleh anggota Polres, Damkar dan dibantu warga, akhirnya Rudi berhasil ditaklukkan setelah mendobrak pintu dan menyemprot tubuh pelaku hingga berhasil dilumpuhkan.

“Ternyata Rudi hartono mengalami gangguan jiwa, hal ini dikatakan oleh orang tua pelaku, dan juga dikatakan oleh warga sekitar. Dalam kesehariannya pelaku bersikap tertutup dan tidak pernah berbaur dengan tetangga,” terang Kasat

Ucapan terimakasih pun disampaikan oleh orangtua korban kepada Anggota Polres Pagaralam, Kasat Reskrim, Kasat Intel, Kasi Propam, dan seluruh anggota yang terlibat dalam mengamankan putranya.

“Untuk sementara Rudi diamankan pihak keluarganya guna melakukan tindakan medis lebih lanjut,” tukas Najamuddin. (Herman)

Editor: Donni