Hati-Hati, Perbatasan PALI-Muba Banjir

0
147

Sumateranews.co.id, PALI- Banjir yang terjadi di dua desa yang terletak di perbatasan antara PALI dan Musi Banyuasin menghambat aktivitas warga di dua desa tersebut.

Terjadinya banjir di dua desa, yakni Desa Talang Akar, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI dan Desa Sungai Dua, Kecamatan Sungai Keruh, Kabupaten Muba, akibat dari luapan Sungai Dua yang membatasi antara dua wilayah ini.

Namun kondisi yang paling parah dialami Desa Sungai Dua dengan ketinggian air mencapai hampir 1 meter hingga menyebabkan puluhan rumah terendam.

Banjir tahunan ini tidak termasuk yang parah dialami kedua desa ini. Sebab, pada tahun 2014 lalu genangan air di pemukiman warga kedua desa ini pernah mencapai 3 meter.

“Ini masih terbilang tidak begitu parah, karena dijalannya hanya mencapai setengah meter, karena posisinya lebih tinggi dan masih bisa dilalui. Sedangkan di pemukiman hampir mencapai satu meter. Kalau dulu yang pernah parah mencapai tiga meter, dan jalan tidak dapat dilalui lagi. Kita menggunakan perahu untuk menyebrang,” ungkap Sudirman, Kepala Desa (Kades) Sungai Dua, Rabu (11/10).

Lebih lanjut, Kades menjelaskan, bahwa pihaknya selaku pemerintah desa telah melaporkan hal ini kepada pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muba. “Kita selaku pemerintah setempat telah melaporkan hal ini kepada BPBD agar dapat ditindaklanjuti,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Marwoto (40), salah satu warga setempat yang rumahnya ikut terendam banjir, menjelaskan, genangan air terjadi sejak subuh tadi sekitar pukul 04.00 WIB ketika sejumlah warga akan bersiap untuk beraktivitas ke kebun.

“Sejak subuh tadi ketika akan sholat, genangan air sudah naik. Jadi mulai tadi pagi hingga saat ini aktivitas warga terganggu. Jangan saja ada hujan susulan, maka genangan air akan meningkat lagi,” pungkasnya.

Tak hanya itu, di balik kejadian ini ternyata banyak juga warga sekitar yang memanfaatkan genangan air tersebut untuk mencuci kendaraan, bahkan dijadikan area bermain air dan perahu oleh anak-anak.

Laporan : Rica Mariska

Editor : Imam Ghazali

Posting : Andre

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article