Hati-hati Penipuan, WhatsApp Kasat Narkoba Polres Tubaba Diretas

478

Sumateranews.co.id, LAMPUNG – Kejahatan siber bukan hanya menyasar kepada masyarakat umum saja, namun juga bisa menimpa pejabat publik. Terakhir, media sosial Whatsapp (WA) Kasat Narkoba Polres Tulang Bawang Barat (Tubaba), AKP Panjaitan berhasil diambil alih oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kejadian tersebut tentu saja berpotensi besar terjadinya penipuan atau kejahatan lainnya yang mengatasnamakan korban yang berpangkat Perwira tersebut.

Terkait itu, AKP Panjaitan mengimbau kepada seluruh saudara dan kerabatnya bahwa WA miliknya telah dihack atau dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Hal tersebut disampaikan langsung di ruang kerjanya, Rabu (19/2).

“Awalnya dia (pelaku) minta verifikasi karena dia keluarga di FB (grup Facebook) itu. Tidak tahunya itu orang lain karena mungkin dihack juga (dengan) verifikasi WA itu. Akhirnya WA saya dihack juga,” ungkapnya mencoba menjelaskan kronologinya.

AKP Panjaitan baru menyadari jika WA nya telah berpindah tangan setelah beberapa kali mendapat telepon dengan menggunakan nomor dari Malaysia.

“Setelah itu, ada yang telepon sampai enam kali (tapi) tidak saya angkat-angkat nomor Malaysia (itu). Baru saya ketahui barusan ini (jika) WA saya telah dihack,” bebernya.

Terkait, AKP Panjaitan sangat menyadari jika hal tersebut rentan terjadi kejahatan, sehingga menegaskan kepada pihak manapun khususnya keluarga besarnya agar tidak merespon permintaan apapun dari pelaku.

“Saya menghimbau kepada keluarga besar dan para kerabat, kalau ada permintaan apapun dari (WA) saya, jangan diladeni,” tutupnya.

Laporan : Dedi

Editor.   : Donni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here