Hasil Kerajinan Tangan Warga Binaan Rutan Sukajadi Banyak Diburu di Pameran

0
555
Jpeg

Sumateranews.co.id, PRABUMULIH – Pasca mengikuti pelatihan dan keterampilan di Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) kota Prabumulih, hasil karya kerajinan tangan dari warga binaan Rumah tahanan (rutan) Kelas II B Sukajadi mulai diikutkan di sejumlah pameran. Bahkan dari sejumlah pameran yang diikuti, hasil karya kerajinan tangan berupa hiasan dinding warga binaan Rutan Sukajadi paling banyak diburu dan dibeli para pengunjung.

“Hasil karya yang selama ini dihasilkan para warga binaan kita di rutan ini sebagian besarnya sudah banyak terjual terutama saat mengikuti event-event pameran,” ungkap Kepala Rutan Klas II B Sukajadi, Ronaldo De Vinci Talesa AMd IP SH, saat dibincangi dikantornya baru-baru ini.

Menurut Ronaldo, hasil kerajinan tangan yang dibuat para warga binaannya tak hanya mampu menyedot para pengunjung ketika mengikuti pameran namun juga banyak dimanfaatkan oleh masyarakat baik untuk dipakai sendiri maupun dijual kembali.

“Juga banyak dimanfaatkan oleh masyarakat seperti kerajinan tangan hiasan dinding dan lainnya,” ujar Ronaldo.

Kerajinan tangan yang dihasilkan oleh para warga binaannya, diterangkan Ronaldo, tidak terlepas dari hasil para napi (narapidana) selama mengikuti pelatihan dan keterampilan yang dilaksanakan pihak Disnakertrans kota Prabumulih. Pihaknya juga ia katakan, akan terus meningkatkan jumlah peserta pelatihan dari warga binaan terutama untuk sektor produktif.

“Saat ini, tercatat sekitar puluhan orang tahanan dan napi sudah ahli mengerjakan produk kerajinan tangan yang bermanfaat baik bagi warga masyarakat yang ada di kota nanas maupun luar kota,” imbuh dia.

Lebih jauh ia mengatakan, pihaknya akan terus menjalin kerjasama dengan pihak Disnakertrans Pemkot Prabumulih dalam melatih warga binaan secara bertahap dan berkesinambungan. “Jika hasil karya kreatifitas mereka sudah layak jual, maka mereka akan mendapat premi (keuntungan, red) melalui kerja sama pihak ketiga yang bermitra dengan kita,” jelas Ronaldo.

Terakhir Ronaldo menuturkan, pihaknya akan terus memberikan perhatian dan membekali para warga binaan dengan berbagai keahlian, salah satunya keahlian dalam bidang pertukangan dan otomotif.

“Harapan kami dengan pengetahuan usaha ini mereka bisa mandiri dan mampu meningkatkan pendapatan ekonomi dan keluarganya setelah mereka keluar bebas dari sini. Sehingga nantinya benar-benar meninggalkan dunia kelam yang telah menjerumuskan mereka,” tukasnya.

Laporan : Donni

Posting   : Andre