Hari Terakhir Penyuluhan Hukum Bagi Penghuni Lapas

71

Sumateranews.co.id, PRABUMULIH- Bagian Hukum dan Perundang-Undangan Setda Kota Prabumulih, memberikan pembinaan tentang hukum kepada 450 warga binaan. Pembinaan tersebut dibuka pada tanggal 07 Mei dan berakhir Rabu, 09 Mei 2018. Penyuluhan tersebut dilaksanakan di Rumah Tahanan (Rutan) Klas II B Prabumulih.

‘’Tujuan penyuluhan ataupun pembinaan ini untuk meningkatkan kesadaran hukum bagi warga binaan yang berada di rutan tersebut. Supaya tidak berurusan dan terjerat hukum lagi pada saat keluar dari Rutan Klas IIB ini,” kata Kasubag Bantuan Hukum (Bankum) Setda Kota Prabumulih, Wiwik Liswati SH.

Untuk meningkatkan kesadaran hukum para tahanan tersebut, ujarnya, pada hari terakhir penyuluhan tersebut, pihaknya menghadirkan nara sumber yang berkompeten di bidangnya, seperti Badan Narkotika Nasional (BNN) tentang Narkoba, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) masalah keterampilan kerja, TNI mengenai bela negara, dan ustadz tentang keagamaan.

“Penting sekali pemahaman hukum ini, setidaknya memberikan gambaran apa yang akan dihadapi jika bersentuhan dengan hukum. Selain ancaman penjara dan proses hukum, masih banyak lagi akibat lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Rutan Klas II B, Ronaldo Davinci Talesa, melalui Kasubsi Peltah, Ermiadi mengatakan, jika pihaknya rutin melaksanakan penyuluhan hukum bagi warga binaan untuk bekal di luar nantinya, agar dapat lebih berhati-hati dan tidak kembali dijerat hukum.

“Kita ingatkan warga binaan, lebih baik menjadi orang bebas ketimbang menjadi warga binaan. Karenanya, lewat penyuluhan hukum ini warga binaan benar-benar paham dan berhati-hati dalam melangkah, supaya tidak terjerat namanya hukum kembali,” tegasnya.

Apalagi, kata dia, masalah Narkoba, sebaiknya benar-benar dijauhi oleh warga binaan ketika bebas. Supaya tidak lagi kembali ke Rutan Klas II B, dan kembali menjalani pembinaan.

“Setelah bebas, warga binaan jangan sampai kembali lagi ke Rutan ini. Carilah penghidupan yang layak dan jangan berbuat kriminalitas lagi,” pungkasnya.

Laporan : Taufik Hidayat
Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here