HeadlinePALISumsel

Hari Ini, 25 Anggota PPK Terpilih Dilantik

#Ketua KPUD Pali: Anggota PPK Harus Kuasai Aturan – aturan Pelaksanaan Pilkada

Sumateranews.co.id, PALI Sebanyak 25 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terpilih dilantik oleh Ketua KPUD Kabupaten PALI, Sunaryo SE, yang akan ditugaskan pada
Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Tahun 2020 waktu dekat ini.

Pelantikan yang dilaksanakan di Hotel Charle dibilangan Talang Ubi, Sabtu (29/02/2020) itu, Ketua KPUD PALI, Sunaryo, SE. mengatakan, tahapan ini merupakan salah satu tahapan Pemilu, pemilihan Bupati/wakil Bupati (Pilbup) 2020, yaitu pembentukan badan Adhoc penyelenggara Pilbup ditingkat kecamatan pembentukan PPK.

Dijelaskan Sunaryo, mulai pengumuman pendaftaran, seleksi administrasi, seleksi tertulis dengan menggunakan metode Computer Basic Tes (CBT), seleksi wawancara, penetapan anggota PPK terpilih, dan saat ini telah melaksanakan pelantikan PPK terpilih.

“Dalam melaksanakan Pemilihan serentak ini dengan memegang asas mandiri, jujur,
adil, berkepastian hukum, tertib, terbuka, proporsional, professional, akuntabel, efektif dan efisien, agar dapat mensukseskan Pilbup PALI 2020 dengan damai,” kata Sunaryo.

Ketua KPUD juga berpesan kepada anggota PPK yang baru dilantik, agar bekerja sesuai dengan perundangan-undangan yang berlaku dan selalu memegang teguh integritas, soliditas dan netralitas, karena menurutnya setiap anggota PPK dituntut untuk bersikap netral, tidak berpihak kepada salah satu kontestan.

Selain itu, ia mengemukakan bahwa anggota PPK juga harus mampu menguasai aturan aturan terkait dengan pelaksanaan Pilkada, baik yang berupa undang undang, peraturan pemerintah, peraturan KPU maupun peraturan terkait lainnya.

” Aturan tersebut, merupakan hal yang sangat penting, karena aturan-aturan tersebut merupakan pedoman dan petunjuk penyelenggaraan pemilihan Bupati dan wakil Bupati. Disamping itu, hal ini juga diperlukan sebagai acuan dalam upaya penyelesaian permasalahan yang mungkin terjadi,” pungkasnya.

Terpantau hadir dalam kegiatan pelantikan itu, beberapa unsur terkait, seperti Polres, Koramil, para OPD, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tamu undangan lainnya turut menyaksikan prosesi pelantikan.

Laporan : Herman
Editor     : Abiyasa

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button