HeadlineNasionalPalembangSecond Headline

Hadiri Jalan Santai HUT HPN ke-74, Gubernur Imbau PWI Sumsel Lakukan Identifikasi Wartawan

Sumateranews.co.id, PALEMBANG – Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru menyarankan kepada PWI Provinsi Sumsel agar melakukan identifikasi wartawan yang tergabung di PWI dan asosiasi jurnalistik lainnya.

“Karena sekarang ini hampir semua orang bisa menjadi wartawan sehingga tidak ada filter seperti yang didengungkan oleh organisasi Dewan Pers terkait kode etik jurnalistik,” pinta Herman Deru, usai melepas ribuan peserta jalan santai menyambut HUT HPN ke-74, di halaman kantor Gubernur Sumsel, Minggu (1/12/2019) pagi.

Gubernur menuturkan, PWI harus terus melakukan pembinaan terhadap calon wartawan terutama dalam memberikan informasi kepada masyarakat. Bahwa tidak semua bisa dikatakan dan mengaku wartawan.

“Masyarakat kadang bingung mana wartawan profesional dan wartawan amatir. PWI sebagai organisasi wartawan tertua harus melakukan pembinaan dan penyaluran,” tandasnya.

Untuk itu, HD panggilan lain Gubernur Sumsel ini berharap PWI segera melakukan pembenahan terutama dalam menjawab tuntutan zaman keterbukaan saat ini. Apalagi wartawan harus mampu melalui tahapan-tahapan tantangan yang bisa diterima oleh masyarakat.

“Profesi wartawan sekarang tidak leluasa seperti dulu karena tuntutan zaman dan ITE. Untuk itu, perlu menguasai dan tahu sumber berita yang akan ditulis
karena apabila sumber berita dipetik oleh sumber yang tidak tepat, maka prodaknya akan salah diterima oleh masyarakat,” jelasnya.

“PWI harus bekerja keras, jangan sampai profesi wartawan tercoreng oleh segelintir orang yang dapat dengan mudah menggunakan ID Card seolah dia wartawan dari sebuah penerbitan,” lanjutnya.

Disamping itu, menurut Gubernur, wartawan yang profesional harus bisa bertahan dan diterima oleh masyarakat.

“Para wartawan yang timbul sesaat karena sebuah kepentingan akan tenggelam dengan sendirinya, karena profesinya dilakukan tidak secara profesional dan tidak siap mengikuti perubahan zaman dan digilas oleh informasi,” ujarnya.

Terakhir, HD menyampaikan ucapan selamat kepada PWI yang telah melaksanakan berbagai aktivitas baik secara terbuka maupun profesi sebagai wartawan.

Sementara itu, Ketua PWI Sumsel, Firdaus Komar mengatakan, selain melaksanakan acara jalan santai yang diikuti ribuan peserta memperebutkan sejumlah hadiah doorprize menarik, dan hadiah ibadah umroh dari Gubernur Sumsel. Rangkaian acara menyambut HUT HPN ke-74 ini juga diiisi dengan kegiatan Bhakti sosial donor darah.

“Alhamdulillah antusias masyarakat yang mengikuti jalan santai ini cukup tinggi. Dan usai jalan santai, acara dilanjutkan dengan aksi donor darah,” ungkap Firkom, usai melakukan donor darah.

Laporan : Srie Gumay

Editor.    : Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button