Hadapi Pemilu 2019, Polres Banyuasin Gelar Apel Pasukan Operasi Mantap Brata 2018

0
144

Sumateranews.co.id, BANYUASIN — Kepolisian Resor (Polres) Banyuasin menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2018 dengan Tema “Kita tingkatkan sinergi Polri dengan instansi terkait dalam rangka mewujudkan Kamdagri yang kondusif” yang bertempat di Lapangan Mapolres Banyuasin, Rabu (19/09) pukul 08.00 WIB.

Apel gelar pasukan tersebut dipimpin oleh Wakapolres Banyuasin Kompol Arif Harsono, SIk MH dengan komandan upacara Ipda Ricky Febrian SH dan diikuti oleh peserta upacara dengan Ton perwira, gabungan TNI, Satfung Polres Bayuasin, Polsek, Pol PP, Linmas dan Senkom.

Turut serta hadir Danyon Zikon 12 Mayor Czi Trisnu Novawan S.Sos, M.Tr (Han), Dandim 0430 Banyuasin Letkol Arh Alfian Amran, ST MM, Ketua Panwaslu Banyuasin Ibjani, S.Pd, Kadishub Supriadi, Kaban Kesbangpol Drs. Indra Hadi, para Kabag, Kasat, dan Kapolsek jajaran.

Adapun rangkaian apel gelar pasukan diawali dengan pemeriksaan pasukan dan penyematan pita tanda operasi, Kemudian penyampaian amanat yang disampaikan oleh pimpinan apel yaitu Waka Polres Banyuasin Kompol Arif Harsono, S.IK MH.

Waka Polres Banyuasin Kompol Arif Harsono, S.IK, MH dalam amanatnya mengatakan perkuat solidaritas dan sinergitas TNI dan Polri guna mewujudkan pemilu yang aman, damai, dan lancar dan jaga netralitas Polri dan TNI serta hindari tindakan yang dapat mencederai netralitas TNI dan Polri dalam penyelenggaraan setiap tahapan Pemilu.

Kedepankan langkah proaktif, lanjut dia, dengan mengoptimalkan deteksi dini guna mengetahui dinamika yang berkembang untuk selanjutnya dilaksanakan upaya pencegahan dan penanganan secara dini serta dorong seluruh elemen KPU, Bawaslu, Caleg, Parpol, dan masa pendukungnya, Pemda, media, tokoh masyarakat, serta pengawas Pemilu independen untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diemban sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Gelorakan deklarasi Pemilu damai di masing–masing wilayah dengan mengikutsertakan elemen yang terlibat dalam penyelenggaraan Pemilu dan susun rencana pengamanan secara detail dan laksanakan latihan pada setiap tahapan pengamanan, termasuk dalam menghadapi situasi kontijensi,” paparnya.

“Lakukan penegakan hukum secara profesional dan proporsional, baik terhadap dugaan tindak pidana Pemilu yang diselenggararkan melalui Sentra Gakkumdu maupun potensi pelanggaran lainya guna menjamin stabilitas Kamtibmas yang kondusif,” tambahnya.

Waka Polres juga menyebutkan bahwa tujuan apel gelar pasukan operasi kepolisian terpusat ini yakni untuk mengecek kesiapan personel, sarana, dan prasarana sebelum diterjunkan. Lanjut kapolres, dengan demikian dalam pelaksanaan tugas akan dilaksanakan dengan baik. “Nantinya Pemilu 2019 akan terselenggara aman, lancar, dan damai,” pungkasnya.

Laporan : Herwanto
Editor/Posting : Imam Ghazali