Guru, Penentu Keberhasilan Proses Pembelajaran

0
81

Sumateranews.co.id, OGAN ILIR – Berhasil atau tidaknya suatu proses pembelajaran, ditentukan oleh banyak faktor pendukung. Salah satu faktor yang mempengaruhi berasal dari kepala sekolah dan guru itu sendiri. Karena menjadi seorang pemimpin, tentunya harus menunjukkan sikap yang baik.

Dikatakan langsung Kepala Unit pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Lubuk Keliat Hasugian Ama.Pd, kepada seluruh kepala sekolah dan guru yang ada di wilayah tugasnya. Dalam urusan kedisiplinan belajar siswa di sekolah, peran kepala sekolah dan guru sangatlah penting. Karena tugas guru untuk membentuk atau membantu siswa agar disiplin.

Gian menambahkan, disiplin menjadi salah satu syarat terbentuknya pendidikan yang kondusif. Kepala sekolah maupun guru harus ikut serta bertanggung jawab, atas terselenggaranya pendidikan. Mendorong para siswa melaksanakan tata tertib sekolah. Serta menjelaskan bahwa tata tertib itu baik untuk perkembangan dan keberhasilan sekolah.

“Tunjukan sikap yang lebih baik lagi, kepada anak didik kita. Dan terus menunjukkan sikap semangat untuk membangun dunia pendidikan. Kedisiplinan itu harus diajarkan dan ditanamkan sejak dini, sehingga akan membawa dampak yang positif para siswa, di kehidupan mereka yang akan datang. Kedisiplinan belajar harus digalakkan di setiap sekolah sehingga siswa mempunyai kesadaran dan tanggung jawab yang besar,” ujarnya.

“Mulailah dari disiplin diri sendri, misalnya para guru sebaiknya datang lebih awal, sebelum siswa yang datang lebih dulu di sekolah. Karena jika ingin membangun sekolah yang berkualitas, harus dimulai dengan sikap disiplin,” kunci keberhasilannya.

Ditambahkannya bahwa program dari Bupati HM Ilyas Panji Alam, SE SH MM, bahwa akan diutamakan tentang Program Diniah per Desa yang akan dilauncing pada 8 Januari 2018. ‘’Kita akan mendukung program tersebut dan Kecamatan Lubuk Keliat siap menyukseskan program tersebut,’’ tegasnya, Selasa (2/1/2018).

Laporan           : H. Sanditya Lubis

Editor/Posting : Imam Ghazali

 

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article