Guru Adalah Kunci Kemajuan Daerah

0
229

Sumateranews.co.id, MUSI RAWAS-Kemajuan daerah bukan terletak pada pesatnya pembangunan infrastruktur, namun lebih kepada bagaimana guru dalam mendidik muridnya sehingga menjadi generasi yang berprestasi, berahlak, berinovasi dan berkreasi. ‘’Dengan menciptakan generasi yang cerdas maka ke depan daerah ini akan terus berkembang dan maju sehingga dapat setara dengan daerah-daerah maju lainnya di Bumi Nusantara ini,” ujar Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan didampingi Bunda PAUD Kabupaten Mura, dr Hj Noviar Marlina Gunawan saat menghadiri Peringatan Hari Guru Nasional dan HUT ke-72 PGRI yang dipusatkan Halaman Dinas Pendidikan Nasional (Disdik) Kabupaten Mura di Muara Beliti di hadapan Ribuan Tenaga Pendidik baik Sekolah Dasar, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi,  Sabtu (25/11/2017).

Dikatakan Bupati, menjadi guru adalah sebuah pilihan yang sangat baik, karena guru, bangsa ini bisa maju dan terus berkembang. Tanpa guru bangsa ini akan hancur dan akan terus dijajah dan dikuasai oleh bangsa-bangsa  lainnya di dunia ini. Bangsa dan daerah ini tidak akan maju dan berkembang serta berprestasi tanpa didikan dari para guru. Untuk itu, Bupati mengajak seluruh masyarakat khususnya generasi muda untuk menghormati dan menteladani para guru.

“Untuk mendukung pendidikan di Kabupaten Musi Rawas, secara bertahap pemerintah daerah akan terus melengkapi dan mengembangkan kebutuhan dan fasilitas dalam menunjang pendidikan di Musi Rawas ini, seperti menambah tenaga pendidik, ruang kelas dan kendaraan bus sekolah. Saat ini, Musi Rawas baru memiliki 4 bus sekolah, kedepan ditargetkan setiap Kecamatan akan memiliki 1 unit bus sekolah,” ungkapnya.”

”Kita harus bangga dengan profesi sebagai guru, karena bangsa ini bisa besar karena peranan guru dalam mencerdaskan anak bangsa. Tanpa guru, bangsa ini tidak akan bisa setara dengan bangsa-bangsa lainnya di belahan dunia ini. Peranan guru sangat besar dalam membangun suatu bangsa, Negara, dan daerah,” tambah Ketua PGRI Kabupaten Musi Rawas, H Hermansyah, S.Pd.

Untuk itu lanjut Herman, dia mengajak seluruh guru di Kabupaten Musi Rawas agar dapat meningkatkan etos kerja untuk mewujudkan Musi Rawas cerdas menuju Musi Rawas Sempurna.

Pada acara ini juga menampilkan tari kreasi dari tim kesenian SD L Sidoarjo Kecamatan Tugumulyo dan pembacaan puisi dengan judul “Guru” karya Samuel Suharno oleh Prasela Handini siswa SDN Desa Marga Tani, Kecamatan Jayaloka yang merupakan Juara 1 Lomba Baca Puisi pada festival lomba kesenian tingkat Kabupaten Musi Rawas.

Sementara itu, Ketua Panitia, A Rifai, M.Pd menjelaskan, peringatan HGN dan HUT PGRI, panitia melaksanakan beragam acara. Di antaranya pertandingan bola volly, workshop untuk guru, lomba bakiak, jalan santai, dan sebagainya. Adapun tema yang diangkat yaitu “Membangkitkan Kesadaran Kolektif Guru dalam meningkatkan disiplin dan etos kerja untuk penguatan karakter menuju Musi Rawas Sempuna,” tandasnya.

Laporan            : Donna Apriliansyah

Editor/Posting : Imam Ghazali