HeadlineLubuklinggau

Gubernur Sumsel Tinjau Kesiapan Bandara Silampari

Sumateranews.co.id, LUBUKLINGGAU – Di sela kunjungan kerjanya dan agenda silaturahminya ke Kota Lubuklinggau, Minggu (10/02), Gubernur Sumsel, H Herman Deru sempat melakukan pengecekan kesiapan Bandara Silampari. Setelah sekitar 20 menit meninjau fasilitas termasuk terminal bandara, orang nomor satu di Sumsel itupun memastikan kalau Bandara Silampari sudah sangat layak dan siap diresmikan.

Mantan Bupati OKU Timur dua periode itu meninjau secara langsung didampingi sejumlah pejabat pusat dan daerah. Diantaranya Ketua Ombudsman RI, Prof Amzulian Rivai, Wali Kota Lubuklinggau, SN Prana Putra Sohe, Bupati Musi Rawas (Mura) Hendra Gunawan, Mantan Gubernur Sumsel Syahrial Oesman dan juga Kepala UPTD Bandara Silampari Rudi Pitoyo.

“Ya, tadi saya sudah cek langsung saya lihat semua sudah siap. Baik dari sisi pelayanan, maupun kelengkapan fasilitasnya. Semua sesuai target, flightnya juga terus bertambah sehingga ini layak dan siap diresmikan,” tegasnya.

Selain pelayanan dan fasilitas di terminal baru bandara, infrastruktur pendukung lainnya juga diakui Herman Deru sudah sangat baik termasuk akses jalan ke Lubuklinggau. Harapannya dengan segera diresmikannya bandara ini, dapat semakin menunjang pemenuhan kebutuhan transportasi masyarakat setempat. Bahkan perekonomian pun diyakininya akan semakin menggeliat dengan diresmikannya Bandara Silampari.

“Kehadiran bandara ini tentu membantu masyarakat, bukan hanya yang tinggal di Lubuklinggau tapi masyarakat yang di daerah sekitarnya juga seperti Kabupaten Mura, Muratara, Empatlawang bahkan Provinsi tetangga seperti Bengkulu bisa menikmati fasilitas ini,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua UPTD Bandara Silampari Rudi Pitoyo menjelaskan pembangunan penambahan luas terminal yang dilakukan sejak 2016 itu kini sudah rampung 100%.Terminal itu terdiri dari terminal keberangkatan dan kedatangan serta ruang tunggu penumpang dan tempat check in.

Bandara kebanggaan masyarakat tersebut juga kata Rudi sudah melayani 3 kali penerbangan dalam sehari. Masing-masing dua kali penerbangan ke Jakarta dan sekali penerbangan ke Palembang.

“Kita ada 3 penerbangan ke Palembang dan Jakarta dengan jumlah penumpang mencapai 350-400 penumpang perharinya,” jelasnya.

Dengan penambahan terminal baru ini pihaknya berharap keamanan dan kenyamanan penumpang Bandara Silampari akan semakin meningkat.

Sebelumnya akhir Oktober 2018, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi sudah optimistis pembangunan terminal baru Bandara Silampari ini akan selesai awal 2019 sehingga dapat diresmikan secepatnya oleh Presiden RI Joko Widodo.

Kota Lubuklinggau membawahi banyak kabupaten seperti Bengkulu, Muratara dan Musirawas menjadikan operasional bandara Silampari semakin memudahkan akses transportasi bagi masyarakat yang ada di pelosok.

Menurut Budi, pembangunan seperti ini juga dilakukan di provinsi lain. Seperti di Kalimantan Timur dan Papua. Harapannya ini akan berdampak pada pengembangan perekonomian daerah seperti Lubuklinggau dan sekitarnya.

“Ini bisa jadi modal bagi daerah Linggau bisa mengimbangi pertumbuhan ekonomi Palembang. Kalau semua sisi dari Indonesia ini berkembang baik maka kontribusi ini artinya real,” jelas Menhub, saat itu.

Laporan : San

Editor     : Donny

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button