GUBERNUR NILAI BANYUASIN MEMANG LUAR BIASA

0
334

 

 

Sumateranews.co.id, BANYUASIN- Gubernur Sumatera Selatan H. Alex Noerdin menghadiri rapat paripurna hari jadi Kabupaten Banyuasin yang ke 15 tahun. Kegiatan yang berlangsung Selasa (11/7) di Gedung Paripurna DPRD Kabupaten Banyuasin, juga dihadiri Plt Bupati Banyuasin Ir. SA Supriyono MM, pimpinan dan para anggota DPRD Kabupaten Banyuasin, Bupati dan Walikota Se-Provinsi Sumatera Selatan, Jajaran Fo

rum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Banyuasin, Rektor dan Pimpinan Perguruan Tinggi serta Kepala OPD lingkup Provinsi Sumatera Selatan, Sekretaris Daerah dan Sekretaris DPRD Kabupaten Banyuasin.

Selain itu jaga dihadiri Pimpinan  Instansi  Vertikal, Pejabat  Perbankan dan Kalangan  Usahawan, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Kepala OPD,  Camat, Lurah, Kepala Desa dan Pejabat lingkup Pemerintah Kabupaten Banyuasin, Pemuka Masyarakat, Tokoh Agama, Pemangku Adat, Cerdik Pandai; Tokoh Pemuda, Pelopor dan Pendiri Kabupaten Banyuasin, Ketua dan Pengurus Dharma Wanita, PKK dan Organisasi Wanita lainnya, Pimpinan Parpol, LSM, Ormas, Organisasi Kepemudaan serta Insan Pers.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Sumatera Selatan H. Alex Noerdin mengatakan bahwa Kabupaten Banyuasin salah satu kabupaten di Sumatera Selatan yang memiliki peran penting bagi kemajuan Provinsi Sumatera Selatan. “Banyuasin punya semuanya ada gas, minyak, batubara, dan karet. Selain itu juga Banyuasin berkontribusi besar bagi Sumsel dengan mensurplus beras paling banyak,” kata Alex.

Dikatakan Alex Banyuasin ini luar biasa, Banyuasin ini luas biasa terang Alex, Spesial ekonomi zone (Kawasam Ekonomi Khusus) yang menjadi pusat ekonomi raksasa dengan menyerap ribuan tenaga kerja ada di Banyuasin. Maka Banyuasin harus bisa mengambil manfaat, persiapkan diri karena memiliki Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Api-Api (KEK TAA) dan sudah mulai pembangunannya. Kontribusi KEK TAA ke Banyuasin tentu tidak ada nilainya. Oleh karena itu dirinya mengimbau kepada Pemkab Banyuasin untuk mengelola KEK TAA dengan baik. “Ambil bagian di sana, manfaatkan karena ini di daerah Anda,” ujarnya.

“Banyuasin punya potensi luar biasa  untuk meloncat kedepan, sekarang tergantung pimpinan daerah dengan didukung DPRD dan masyarakat. Manfaatkan Sumber Daya Pertanian sebesar-besarnya, manfaatkan juga event- event internasional seperti Asian Games serta manfaatkan KEK TAA, jangan cuma jadi penonton,” imbaunya.

Dia juga menjelaskan, pembangunan yang dibangun tidak hanya terfokus di Palembang saja. Salah satunya KEK TAA dan Jalan Tol Palembang – Indralaya. Dalam mendukung perhelatan Asian Games 2018 Sumsel juga membangun infrastruktur seperti LRT, Musi IV dan Musi VI, Underpass/Flyover, dan lainnya.

Selain itu dirinya meminta kepada Pemkab Banyuasin untuk menjaga jangan sampai ada lagi kebakaran hutan dan lahan. “Saya meminta atas instruksi Presiden RI Joko Widodo mari jaga daerah ini tidak boleh ada kebakaran lagi,” tuturnya.

Sementara Plt Bupati Banyuasin Ir.SA Supriyono MM, mengawali sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih  kepada Gubernur Sumatera Selatan yang telah meluangkan waktu untuk hadir dalam rapat Paripurna DPRD dalam rangka HUT ke-15 Banyuasin.

Setelah melalui perenungan yang mendalam dipadukan dengan   pengalaman   empirik  dan konsepsi  analisis  yang  kuat  dan diselaraskan dengan konteks dan kondisi awal Kabupaten Banyuasin,  maka tersusunlah sebuah visi misi pembangunan yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, yakni “Terwujudnya Banyuasin Yang Maju dengan Masyarakat yang Sejahtera dalam Tatanan Bumi Sedulang Setudung”.

“Atas nama Pemerintah Banyuasin, kami sampaikan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak, yang telah mendorong terbangunnya

suasana kondusif di bumi “Sedulang Setudung” ini. Karena dalam suasana yang aman, tentram, damai dan demokratis  inilah  kita dapat melaksanakan tahapan pembangunan daerah secara baik dan terukur,” ujar H. Supriyono.

Sidang Dewan yang terhormat ini diselenggarakan untuk memberikan makna yang penting bagi masyarakat atas terbentuknya sebuah daerah. ‘’Oleh karena itu tidaklah berlebihan  kiranya  kami sampaikan bahwa  momentum peringatan HUT ini akan menjadi sangat istimewa ketika para jajaran Eksekutif beserta  masyarakat dan seluruh stakeholder  yang ada mampu melakukan refleksi bahwa setiap waktu berganti telah dilalui. Banyuasin Terdepan, Berdaya Saing dan Mandiri”, maka sinergitas pembangunan diarahkan untuk merealisasikan visi tersebut dengan memaksimalkan kemampuan daerah, baik kemampuan sumber daya maupun sumber pendanaan yang tersedia mengacu pada prinsip-prinsip yang menekankan keseimbangan antara pertumbuhan, pemerataan dan keberlanjutan dimana pendekatannya  merujuk pada empat pilar pembangunan nasional. Meskipun ada sedikit adaptasi dan devisiasi sesuai kondisi dan potensi yang ada di Kabupaten Banyuasin. Namun secara substantive tidak mengubah orientasi yang telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah sebagai pedoman penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Banyuasin 2014-2018,’’ tandasnya. (Adv/Al Dafid)