Grand Final Lomba Menulis Kritis UNSRI 2021 Diikuti PT Ternama, Ini Ungkapan Gubernur Sumsel

0
235

PALEMBANG – Puncak Grand Final Lomba Menulis Kritis 2021, yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya (Unsri), di Aula Fakultas Teknik dihadiri Gubernur Sumsel, H Herman Deru SH, Jumat (15/10/2021).

Selain diikuti perwakilan dari perguruan tinggi (PT) Sumsel selaku tuan rumah, yakni Unsri, dan Polsri, Grand Final LMK 2021 juga diikuti perguruan tinggi ternama lainnya di antaranya UIN Walisongo Semarang, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia, Universitas Sebelas Maret, dan Universitas Pendidikan Indonesia, yang berhasil menembus masuk final.

Sedangkan untuk kategori SMA, SMK, dan MA berhasil masuk final, yaitu dari SMAN 6 Surabaya, SMAN 2 Surakarta, SMAN 1 Badegan Ponorogo, SMAN 2 Talang Ubi Pali dan MAN Insan Cendikia OKI.

Dalam sambutannya, Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru menyambut baik digelarnya lomba menulis kritis yang digelar Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya.

Sebab melalui kegiatan ini, dia harapkan bisa mengasah sikap kritis mahasiswa di tengah pesatnya kemajuan teknologi dewasa ini. Sehingga akan tercipta Sumber Daya Manusia (SDM) yang berdaya saing tinggi.

“Kemajuan teknologi sekarang memang seharusnya kita manfaatkan dengan baik, maanfatkan dengan belajar sehingga kita bisa menjadi lebih siap untuk menjadi SDM yang mampu berdaya saing,” ujar Herman Deru.

“Acara yang digelar selama dua hari dari tanggal 15 hingga 16 Oktober 2021 ini mengambil tema “Mengasah Kreativitas Emas Indonesia di Masa New Normal Untuk Masa Depan Bangsa,” lanjut Deru.

Dia kembali menyebut menulis kritis dan konstruktif merupakan hal yang begitu penting bagi para pelaku dan pembuat kebijakan.

Ajang ini juga dinilainya penting sebagai wadah mengasah dan meningkatkan kreatifitas mahasiswa dalam membuat karya tulis sekaligus dapat menambah pengetahuan baru terkait dengan persoalan yang dikritisi.

“Melalui kegiatan ini kalian bisa mengasah kreatifitas dalam menulis kritis sesuai dengan topik yang akan ditulis,” paparnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik Unsri Prof Dr Eng Ir Joni Arliansyah MT, saat diwawancarai disela acara Grand Final mengatakan, bahwa Lomba Menulis Kritis (LMK) dilaksanakan setiap tahun dan tahun ini memasuki tahun ke 5.

“Lomba menulis terkait engenering dan sosial masyarakat. Tahun ini kategori lomba meliputi pembelajaran efektif di masa new normal, pengoptimalan pariwisata Indonesia di masa new normal, peluang transisi energi baru di masa new normal dan strategi peningkatan kesejahteraan ekonomi.

Untuk peserta diikuti seluruh Perguruan Tinggi se Indonesia dan siswa SMA, SMK dan MA se Indonesia.

Kemudian yang masuk final untuk Perguruan Tinggi adalah UIN Walisongo Semarang, Unsri, Institut Teknologi Bandung, Polsri, Universitas Indonesia, Universitas Sebelas Maret, dan Universitas Pendidikan Indonesia,” urainya.

Sedangkan untuk kategori SMA, SMK MA, lanjutnya diikuti dari SMAN 6 Surabaya, SMAN 2 Surakarta, SMAN 1 Badegan Ponorogo, SMAN 2 Talang Ubi Pali dan MAN Insan Cendikia OKI.

“Dengan adanya Lomba Menulis Kritis ini, mahasiswa dan pelajar bisa memberikan ide atau gagasannya. Misalnya memberikan sistem secara online. Dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa kita arahkan untuk kritis tidak hanya soal politik saja. Tapi bisa menuliskan ide, dan gagasannya,” imbuhnya.

“Melalui lomba ini, mahasiswa belajar berorganisasi, jadi tidak memikirkan diri sendiri. Dan mereka ada kreativitas, ” tambahnya.

Joni Arliansyah menuturkan, judul yang dibuat oleh peserta yang masuk dalam final LMK dari kategori Perguruan Tinggi di antaranya Turbine in tol sebagai kontribusi energi pada jalan bebas hambatan Palembang-Indralaya. “Kemudian judul corection : instalasi reaktor biogas limbah ikan pesisir pantai sebagai solusi menangani ketidakstabilian energi pasca pandemi COVID-19,” terangnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu, di antaranya Plh. Asisten III Bidang Administrasi & Umum, Drs. Nelson Firdaus., M.M, Kasat Pol PP Prov. Sumsel, M. Aris Saputra,S.Sos, M.Si, Karo Humas dan Protokol, Rika Efianti, SE, MM, Karo Umum dan Perlengkapan, Sandi Fahlepi, SP, M.Si,

Dekan Fakultas Teknik Unsri Prof Dr Eng Ir Joni Arliansyah MT, Wakil Rektor II Universitas Sriwijaya Iwan Stia Budi, Wakil Dekan II Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya Dr. Bhakti Yudho, Wakil Dekan II Fakultas Teknik Iniversitas Sriwijaya Widya Fransiska, ST. (Are)

Editor : Donni