Gol Tunggal Evan Dimas, Indonesia Kalahkan Mauritius

0
209
Timnas Indonesia VS Timnas Mauritius di Stadion Wibawa Mukti. (Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan)

Sumateranews.co.id, PALEMBANG  ̶  Tim nasional Indonesia berhasil mengalahkan timnas Mauritius dengan skor 1-0 dalam laga persahabatan yang berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, Selasa (11/9/2018). Gol kemenangan bagi pasukan Merah Putih dicetak oleh Evan Dimas pada menit ke-89.

Indonesia, yang pada laga ini ditangani oleh jajaran pelatih Danurwindo, Kurniawan Dwi Yulianto, dan Kurnia Sandy, menurunkan Stefano Lilipaly dan Boaz Solossa di barisan depan yang ditopang oleh pergerakan Febri Hariyadi, Evan Dimas, dan Irfan Jaya. Adapun di lini pertahanan, Merah Putih menurunkan duet Fachrudin dan Hansamu Yama.

Indonesia mendapat peluang pertama lewat Hansamu Yama. Menerima umpan silang di dalam kotak penalti, Hansamu melepaskan tendangan first time, tetapi tendangannya masih di atas mistar gawang Mauritius. Setelah itu, Mauritius mendapat dua peluang emas. Gelandang Langue Adel melakukan tendangan dari luar kotak penalti dan mengarah ke gawang Indonesia. Beruntung, kiper Awan Setho bisa mengantisipasi ancaman tersebut.

Awan Setho kembali menyelamatkan gawang Indonesia setelah berhasil menepis tendangan dari luar kotak penalti yang dilakukan oleh Noel Gary. Indonesia berusaha kembali menekan. Bermula dari pergerakan Febri Hariyadi, bola kemudian diumpan kepada Lilipaly. Menguasai bola, Lilipaly lalu memberi bola kepada Evan Dimas yang merangsek masuk ke kotak penalti. Mendapat ruang tembak, Evan lalu melakukan tendangan di kotak penalti, tetapi masih bisa ditangkap oleh kiper Kevin Jean-Louis.

Pada menit ke-34, gelandang Indonesia, Zulfiandi, harus diganti oleh Bayu Pradana karena mengalami cedera setelah dilanggar oleh pemain Mauritius. Indonesia kembali mendapat peluang lewat serangan balik. Lilipaly memberi umpan kepada Boaz yang lalu diarahkan kepada Febri Hariyadi. Namun, tendangan Febri masih melambung di atas gawang Mauritius. Setelah itu, kedua tim masih belum bisa mencetak gol. Babak pertama laga ini pun berakhir dengan skor 0-0.

Pada babak kedua, jajaran pelatih Indonesia melakukan perubahan mengganti Irfan Jaya dengan Riko Simanjuntak. Boaz Solossa dkk mendapat peluang pada menit ke-53. Berawal dari penetrasi Febri, dia lalu memberi umpan ke Boaz. Mendapat ruang, Boaz langsung melakukan tendangan, tetapi masih bisa ditangkap kiper lawan, Jean-Louis Kevin.

Setelah itu, Indonesia kembali melakukan perubahan pemain dengan memasukkan Septian David Maulana untuk menggantikan Boaz. Pasukan Merah Putih kembali mendapat peluang pada menit ke-60. Menggiring bola hampir dari setengah lapangan, Lilipaly kemudian dalam posisi satu lawan satu dengan kiper lawan, tetapi tendangannya masih ditepis Kevin Jean-Louis.

Lilipaly kembali melakukan ancaman, kali ini lewat tendangan bebas pada menit ke-66. Namun, usaha dari pemain Bali United itu lagi-lagi digagalkan oleh kiper Kevin Jean-Louis. Mencoba memecah kebuntuan, Indonesia memasukkan Ilham Udin untuk menggantikan Febri Hariyadi. Mauritius pun bukan tanpa ancaman. Jeremy melakukan tendangan jarak jauh, tetapi Awan Setho pun masih sigap mengamankan gawang Indonesia.

Pada menit ke-86, Indonesia kembali mendapat peluang via Ilham Udin. Dari dalam kotak penalti, Iham Udin melakukan tendangan, tetapi Kevin Jean-Louis lagil-lagi bisa mengagalkan kans tersebut. Indonesia kembali melakukan pergantian pemain. Dedik Setiawan masuk menggantikan Lilipaly pada menit ke-89. Pergantian ini efektif karena bermula dari tendangan Dedik, bola lalu dikuasai oleh Evan Dimas yang mencetak gol ke gawang lawan. Tendangan Evan Dimas mampu menembus gawang Mauritius. Skor pun berubah 1-0 untuk Indonesia dan bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia (4-3-3): Awan Setho; Rizky Pora, Fachruddin Aryanto, Hansamu Yama, Gavin Kwan; Zulfiandi, Evan Dimas; Irfan Jaya, Febri Hariyadi, Stefano Lilipaly; Boaz Solossa. Pelatih: Danurwindo.

Timnas Mauritius (4-4-2): Jean-Louis Kevin; Speville Jonathan, Augustin Fabrice, St Martin Walter, Rose Lindsay; Langue Adel, Villeneuve Jeremy, Jocelyn Mervyn, Patate Jean Jacques; Noel Gary, Justin Jonathan, Pelatih: Francisco Filho.

 

Sumber : Kompas.com

Editor    : Syarif