Godok Dewan Pengawas KPK, Presiden Jokowi Berharap Diisi Orang yang Berintegritas 

28
Presiden Jokowi, saat menjawab wartawan usai membuka Konstruksi Indonesia 2019 di Indoor Hall B JI-Expo Kemayoran, Rabu (6/11/2019).

Sumateranews.co.id, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan, Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang untuk pertama kalinya akan dipilih dan dan diangkat olehnya, akan diisi orang-orang yang memiliki integritas.

Saat ini, lanjut Presiden, personel Dewan Pengawas KPK itu masih digodok dalam tim internal.

Nanti kalau sudah selesai, Preside berjanji akan menyampaikannya kepada masyarakat.

“Nanti, masih bulan Desember. Masih digodok dalam tim internal. Nanti kalau sudah kita sampaikan,” kata Presiden Jokowi menjawab wartawan usai membuka Konstruksi Indonesia 2019 di Indoor Hall B JI-Expo Kemayoran, belum lama ini.

Mengenai pelantikan Dewan Pengawas KPK, Presiden Jokowi membenarkan akan dilantik bersamaan dengan pelantikan komisioner KPK periode 2019-2023, yaitu bukan Desember mendatang.

Sebelumnya saat bertemu dengan wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (1/11) siang, Presiden Jokowi mengatakan, tidak akan membentuk Panitia Seleksi untuk memilih Dewan Pengawas KPK tersebut.

Akan tetapi Presiden menjamin, orang-orang yang akan dipilih dalam Dewan Pengawas KPK memiliki kredibilitas yang baik.

Sesuai Undang-Undang No. 19 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2012 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, anggota Dewan Pengawas KPK berjumlah lima orang.

Tugas Dewan Pengawas KPK antara lain mengawasi pelaksanaan tugas dan wewenang KPK, memberikan izin atau tidak memberikan izin penyadapan, penggeledehan, dan/atau penyitaan.

Laporan : Eri

Editor   : Donni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here