Gelontorkan Dana Rp 1 Miliar Tahun 2021, Mahasiswa Bakal Dapat Beasiswa dari Pemkab Aceh Singkil

0
320
Gelontorkan Dana Rp 1 Miliar Tahun 2021, Mahasiswa Bakal Dapat Beasiswa dari Pemkab Aceh Singkil

ACEH SINGKIL Seperti tahun-tahun sebelumnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Singkil kembali menganggarkan beasiswa untuk Mahasiswa Aceh Singkil, untuk tahun anggaran 2021 Pemerintah Aceh Singkil menggelontorkan dana sebesar Rp 1 Miliar.

Sebagai upaya pemerintah daerah untuk memajukan sektor pendidikan baik di tingkat Sekolah Dasar, SMP dan SMA mau pun mahasiswa di perguruan tinggi, apalagi pemerintahan sekarang salah satu program visinya “Cerdas” di sektor pendidikan.

Untuk tahun ini Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Aceh Singkil kembali menggelontorkan sebesar Rp 1 miliar kepada Mahasiswa Aceh Singkil dengan berbagai kategori, seperti mahasiswa kurang mampu sebanyak 500 orang, mahasiswa prestasi yang tugas akhir sebanyak 200 orang dan mahasiswa yang berkuliah di luar negeri sebanyak 25 orang.

“Saya sebagai mahasiswa sangat mendukung program tersebut karena Pemerintah Daerah (Pemda) kembali memplotkan anggaran beasiswa kepada mahasiswa Aceh Singkil, bahwa program tersebut adalah salah satu faktor pendukung bagi mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di berbagai universitas. Selain itu, pemberian beasiswa untuk mahasiswa adalah bentuk dari Visi Bupati yaitu Cerdas, yang di mana bentuk perhatian Pemkab dalam Pendidikan akan bisa memberikan gambaran kepada kita, sejauh mana keberhasilan kepemimpinan Dulsaza terhadap Pembentukan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk Aceh Singkil,” kata Surya Padli kepada Sumateranews.co.id, Senin (15/02/2021) melalui relis persnya.

Lanjut Surya, selain itu besar harapan mahasiswa untuk beasiswa yang akan diberikan, dan berharap nominalnya agar di tambah lagi.

“Kalau bisa untuk kepentingan Pendidikan, pemerintahan Aceh Singkil membuat peraturan seperti Perbub mungkin tentang beasiswa yang di anggarkan dari APBK bukan dari Dana Hibah,” ujar Surya Padli yang saat ini menempuh pendidikan di Lhokseumawe.

Sebelumnya Ketua Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Aceh Singkil H Amir Hasan, SPd mengatakan, untuk tahun ini Insya Allah ada di anggarkan beasiswa untuk mahasiswa Aceh Singkil, termasuk mahasiswa yang menempuh pendidikan di luar negeri akan dibantu.

“Untuk kategori mahasiswa kurang mampu Rp1.000.000/orang sebanyak 500 orang, untuk prestasi yang tugas akhir Rp1.250.000/orang sebanyak 200 orang dan yang kuliah di luar negeri Rp10 juta/orang sebanyak 25 orang,” kata Amir Hasan.

Kenapa di bedakan antara prestasi dengan kurang mampu biar mahasiswa tersebut berpacu dalam meningkatkan prestasinya, kalau tidak dibedakan percuma saja mahasiswa tersebut prestasi kalau untuk beasiswanya saja sama.

“Kalau untuk menerima berkas data mahasiswa Insya Allah kita akan percepat rencananya antara bulan Juni dan Juli sudah bisa pihak MPD menerima berkas dari mahasiswa, seperti tahun-tahun sebelumnya pihak panitia dari MPD akan mengumumkan waktu pendaftaran baik melalui kertas brosur mau pun dari Whatsapp,” ucap Amir Hasan.

“Kalau tahun yang lalu pemberian beasiswa secara gelondongan di bagi rata tapi tahun ini kita pisah-pisahkan, mana mahasisws yang kurang mampu dan mahasiswa prestasi termasuk mahasiswa yang menempuh di luar negeri,” tandas Ketua MPD ini.

Laporan : Ramail III Editor : Syarif

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article