HeadlineNasionalNusantara

Gelar Konser Amal, ILUNI UI Segera Kirim Bantuan Pangan dan Medis ke Sulteng

Sumateranews.co.id, JAKARTA- Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) menyampaikan duka yang mendalam kepada masyarakat yang terkena bencana alam gempa bumi dan tsunami di wilayah Donggala, Mamuju, Palu, dan daerah-daerah lainnya di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng). ILUNI UI saat ini tengah melakukan konsolidasi dan koordinasi dengan seluruh pengurus ILUNI UI pusat, ILUNI Fakultas dan wilayah seluruh Indonesia, serta dengan pihak Rektorat UI untuk mengumpulkan berbagai bantuan yang diperlukan masyakart korban bencana dan segera mengirimkannya ke Sulawesi Tengah.
“Segenap pengurus ILUNI UI baik di tingkat pusat, tingkat wilayah di seluruh Indonesia maupun ILUNI Fakultas menyampaikan duka cita yang amat dalam kepada saudara-saudara kami yang terkena bencana alam di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah khususnya dari daerah Donggala, Mamuju, dan Palu serta daerah lainnya.

Khususnya kepada Pak Longki Djanggola, Gubernur Sulawesi Tengah yang juga merupakan ketua ILUNI UI Wilayah Sulawesi Tengah. Kami ikut merasakan penderitaan saudara-saudara kami yang tengah tertimpa musibah. Saat ini kami tengah melakukan koordinasi dan konsolidasi untuk segera mengirimkan bantuan, baik bantuan obat-obatan, sandang pangan juga rencana pembuatan pemukiman sementara,” papar Ketua Umum Pengurus Pusat ILUNI UI Arief Budhy Hardono kepada pers, Senin (1/10) di Sekretariat ILUNI UI, Kampus UI Salemba Jakarta Pusat. Saat itu Arief Budhy Hardono didampingi Sekretaris Jenderal (Sekjen) ILUNI UI Andre Rahadian serta Bendahara Umum ILUNI UI Didit Ratam dan Ketua merangkap juru bicara ILUNI UI Eman Sulaeman Nasim.

Lebih lanjut Arief Budhy Hardono menjelaskan, saat ini sebagian tim community development (Comdev) ILUNI UI masih berada di Sembayun dan beberapa daerah lainnya di Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) yang juga baru saja terkena musibah gempa bumi, guna memberikan bantuan pasca benca. Pengurus ILUNI UI tengah membangun rumah-rumah tahan gempa untuk masyarakat korban bencana.
Comdev ILUNI UI adalah salah satu organ di ILUNI UI yang bertugas antara lain memberikan bantuan kemanusiaan dan tanggap darurat di daerah daerah yang terkena musibah bencana alam. Comdev ILUNI UI Saat ini diketuai oleh Irvan Toreza di bawah koordinasi salah seorang Ketua ILUNI UI Endang Mariani.

“Untuk membantu masyarakat korban bencana di Sulawesi Tengah, kami akan menarik sebagian dari anggota tim tanggap bencana ILUNI UI yang tengah memberikan bantuan kepada masyarakat korban bencana di NTB dan sebagian tengah membangun rumah-rumah tahan gempa yang pembangunan rumahnya sudah selesai, untuk segera membantu masyarakat Sulawesi Tengah. Untuk memberikan bantuan di Sulawesi saat ini kami terus berkordinasi dengan Bapak Longki Janggola untuk memastikan bantuan apa yang paling mendesak yang harus segera kami kirim ke Palu dan Donggala,” papar Arief Budhy Hardono.

Arief menambahkan, bantuan medis ILUNI UI akan dikoordinasikan dengan ILUNI UI Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM). Sedangkan bantuan papan, pembangunan rumah-rumah tahan gempa akan dikoordinasikan dengan ILUNI UI Fakultas Teknik (FT). Bantuan lainnya dikoordinasikan dengan ILUNI Fakultas dan wilayah lainnya.

Konser Kemanusiaan 100 Musisi

Di tempat yang sama, Sekjen ILUNI UI Andre Rahadian menyampaikan, dalam rangka mengumpulkan dana untuk membantu masyarakat korban bencana di Donggala, Mamuju dan Palu, pihak ILUNI UI berencana mengadakan konser kemanusiaan bersama dengan Komunitas Biduan dan beberapa kementrian dan ormas. Konser kemanusiaan tersebut akan menghadirkan 100 penyanyi dan musisi. Acara tersebut mengambil tema, 100 Biduan, 100 Hits untuk Palu.

“Konser kemanusiaan yang akan menampilkan 100 biduan dan 100 musisi tersebut rencananya akan diselenggarakan di Avenue of the Star, Lippo Mall Kemang Village, Jakarta Selatan. Pada Jumat 5 Oktober 2018 mendatang,” jelas Andre Rahadian.

Menurut Andre Rahadian selain artis-artis ibu kota beserta para musisi terkemuka, acara Konser Kemanusiaan 100 Biduan dan 100 musisi tersebut juga akan dihadiri oleh beberapa Menteri Kabinet Indonesia Kerja pimpinan Presiden Jokowi. Mereka akan menyumbangkan lagu dan musik untuk menarik donasi dari para dermawan yang hadir. Dana yang terkumpulkan semuanya akan disumbangkan dan digunakan untuk membantu masyarakat korban bencana di Donggala, Mamuju, Palu daerah terdampak lainnya.

Ketua Umum ILUNI UI Arief Budhy Hardono sedang memberikan informasi kepada para ketua Iluni ui Fakultas dan wilayah tentang konser kemanusiaan untuk menggalang dana membantu masyarakat korban bencana di Sulawesi Tengah. (foto: ist)

Didit Ratam, Bendahara Umum ILUNI UI dalam kesempatan ini juga mengundang para alumni UI dan para dermawan baik alumni UI maupun bukan untuk menghadiri acara tersebut, sekaligus menyumbangkan sebagian rejeki yang kita miliki untuk membantu saudara-saudara kita, masyarakat Donggala, Mamuju dan Palu serta daerah-daerah terdampak lainnya yang saat ini tengah mendapatkan ujian, cobaan dari Tuhan, terkena musibah bencana alam.

Rumah dan tempat usahanya hancur terkena gempa bumi dan Tsunami. Sebagian besar mereka masih tidur di luar dan di bawah tenda. Menurut Didit hal yang sama dilakukan ILUNI UI ketika membantu masyarakat NTB yang terkena bencana alam beberapa bulan lalu. ILUNI UI menggalang konser kemanusiaan untuk mengumpulkan dana. Dalam konser tersebut hadir Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang menyumbangkan lagu dan melelang gitar kesayangannya. Dana hasil konser kemanusiaan tersebut sudah dikirimkan dan diperuntukan untuk masyarakat korban bencana di NTB.

Laporan          : Rel
Editor/Posting : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button