Gelar Kejuaraan Internasional Panahan, PB Perpani Siap Fasilitasi Atlet Aceh  

17
Gelar Kejuaraan Internasional Panahan, PB Perpani Siap Fasilitasi Atlet Aceh  
Pemanah putri sedang konsentrasi pada Kejurprov yang digelar di Banda Aceh, November 2020. Foto : Sudirman Mansyur.

BANDA ACEH − Rencana Pengurus Provinsi (Pengprov) Perpani Aceh menggelar kejuaraan internasional di Banda Aceh, Agustus 2021. Mendapat dukungan dari Pengurus Besar Perkumpulan Panahan Indonesia (PB Perpani).

“Kita tentunya akan memberikan perhatian rencana pagelaran kejuaraan panahan internasional di Aceh,” ujar Ketua Umum PB Perpani, Hj Illiza Sa’aduddin Djamal ketika ditanya pos-aceh.com  di sela-sela penyerahan bantuan satu unit mobil pustaka keliling kepada Aceh Besar di Kota Jantho, Selasa (22/12/2020).

Anggota DPR-RI dari Komisi X (termasuk membidangi olahraga) asal Aceh ini,  menyebutkan, PB Perpani juga membantu memfasilitasi mendatangkan pelatih dari luar negeri untuk menangani pemanah-pemanah Aceh yang dipersiapkan menghadapi PON XX/2021 di Papua.

Illiza menyebutkan, Perpani juga telah melaksanakan seleksi nasional (Seleknas) untuk merekrut atlet-atlet yang dipersiapkan melalui pemusatan latihan nasional (Pelatnas) menghadapi SEA Games di Vietnam 2021. Seleknas tersebut juga diikuti tiga atlet Aceh.

Sebelumnya Pengprov Perpani Aceh memastikan menggelar kejuaraan internasional di Banda Aceh, Agustus 2021.

“Kita akan menggelar kejuaraan internasional yang direncanakan Agustus. Event tersebut sangat bermanfaat untuk try-in (ujicoba) bagi delapan atlet Aceh yang dipersiapkan ke PON Papua,” ujar Ketua Umum Pengprov Perpani Aceh, Dr Nyak Amir, M.Pd kepada wartawan baru-baru ini.

Nyak Amir menyebutkan, kejuaraan international tersebut sangat memungkin dan tepat sebagai ajang try-in atlet Pelatda, karena interval waktu menjelang PON Papua pada saat itu masih tersisa waktu sekitar bulan lagi.

Katannya, kejuaraan international akan diikuti atlet dari sejumlah negara dan atlet dari berbagai provinsi yang mempersiapkan diri ke PON Papua. “Kita akan mengundang beberapa negara, minimal bisa diikuti pemanah dari sejumlah negara Asia,” ujar doktor di Bidang Olahraga alumnus Universitas Negeri Surabaya (UNS) 2004 ini.

“Kita berharap dukungan semua pihak dan pemerintah. Kita juga meminta bantu PB Perpani untuk memfasilitasi dalam hal mengundang atlet dari sejumlah negara,” kata Sekjen PB Perpani tersebut.

Ia menyebutkan Perpani Aceh terus berupaya untuk mempersiapkan segala sesuatunya untuk melaksanakan kejuaraan internasional.

“Mudah-mudahan kondisi pandemi corona virus desease 2019 (Covid-19) terus menurun, sehingga kejuaraan international bisa digelar sesuai yang kita rencanakan,” ujarnya.

Sumber : Siberindo III Editor : Syarif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here