Menuju Pemilu 2024Politik

Gelar Apel Bersama, Danrem dan Kapolda Jambi Tekankan Soliditas dan Sinergitas Pengamanan Pemilu 2019

Sumateranews.co.id, JAMBI – Senin (11/02/2019) pagi, di Mapolda Jambi menggelar apel bersama TNI-Polri untuk menjaga soliditas dan sinergitas dalam rangka kesiapan pengamanan Pemilu 2019.

Danrem 042/Gapu Kolonel Arh Elphis Rudy, M.Sc.S.S dan Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS foto bersama pejabat jajaran Korem 042/Gapu dan Polda Jambi

Kapolda Jambi, Irjen Pol Muchlis AS dalam arahannya, mengatakan apel ini digelar sebagai sarana soliditas dan sinergitas TNI-Polri dengan harapan Pemilu 2019 bisa terselenggara dengan damai, aman dan sejuk.

“Hilangkan ego sektoral diantara kita. Ini akan membuat kita tidak solid. Pasalnya, kita merupakan dua pilar keamanan negara,” harapnya.

Agar soliditas diantara TNI-Polri semakin solid, lanjutnya, pihaknya terus menjalin hubungan yang baik, saling koordinasi dan komunikasi yang baik.

“TNI diharapkan bisa membantu penengah pada setiap terjadinya konflik di masyarakat agar tidak berkembang yang lebih besar lagi,” tegas Muchlis.

Masih di waktu yang sama, Danrem 042/Garuda Putih Kolonel Arh Elphis Rudy mengaku mendapatkan suatu kehormatan diterima secara khusus di Polda Jambi.

Menurutnya, apel bersama tersebut sebagai salah satu komitmen bersama untuk menunjukan kepada bangsa dan negara bahwa TNI hadir, Polri juga hadir dalam negara, dan ini merupakan komitmen bersama antara TNI-Polri untuk saling memperkokoh silaturahmi dan soliditas.

Menurut Danrem, Sinergitas dan soliditas bukan hanya sekedar slogan dan wacana, tetapi lebih kepada melakukan tugas dengan penuh keikhlasan dan penuh kesadaran, yang merupakan nilai utama TNI maupun Polri. TNI dan Polri adalah saudara, sinergitas bukan untuk sekedar menghadapi Pemilu saja tapi untuk setiap kegiatan seperti membangun keharmonisan dengan cara silaturahmi dan berolahraga bersama.

Setiap kegiatan yang dilaksanakan secara bersama merupakan hal positif dalam rangka menumbuhkembangkan semangat persaudaraan, kebersamaan serta kekompakan antara TNI dan Polri, yang selama ini senantiasa bersama-sama dan bahu-membahu menjalankan tugas sesuai fungsi, kewenangan dan tanggung jawabnya masing-masing.

Dengan terjalinnya keharmonisan hubungan antara TNI dan Polri , ditambahkan Elphis, akan membawa dampak yang positif bagi masyarakat secara keseluruhan, dimana saat ini masyarakat semakin kritis terhadap setiap perkembangan yang terjadi. TNI Polri adalah publik figur yang selalu dijadikan contoh oleh masyarakat lainnya, oleh karenanya, menjaga tutur kata, kesantunan, dan sikap kebersamaan harus terus dijaga dan dipelihara.

Hubungan sinergitas TNI – Polri sungguh membanggakan meski esensi tugas kedua alat negara itu sangat berbeda karakter implementatifinya dalam konteks hubungan dengan masyarakat. Seperti misalkan tugas TNI bergerak dalam wilayah mengamankan konsistensi atau eksistensi negara agar tetap kokoh berdiri dalam berbagai ancaman keamanan dan juga mengamankan negeri dari berbagai hambatan, tantangan, gangguan dan ancaman. Sedangkan Kepolisian tugas keamanannya berbeda, yakni keamanan dalam rangka melindungi masyarakat, menertibkan masyarakat supaya aman.

“Kita selalu berharap dengan hadirnya sinergitas TNI-Polri dalam melaksanakan tugas, muaranya akan menciptakan rasa nyaman pada masyarakat dalam keberlangsungan kegiatannya khususnya menghadapi situasi politik,” tandasnya.

“Mari kita singsingkan lengan untuk selalu bergandeng tangan dalam menghadirkan keamanan dan ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat, agar nilai-nilai pancasila selalu tumbuh subur dalam setiap sendi kehidupan berbangsa dan bernegara,” tambah Ephis, seraya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk menjaga keamanan, kedamaian dan kesejukan di Provinsi Jambi

Sumber : Penremgapu

Editor    : Donny

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button