Garam di Lahat Alami Kelangkaan

0
348

Sumateranews.co.id, LAHAT- Kebutuhan garam bagi kaum hawa di dapur sangat dibutuhkan buat kelezatan dan pelengkap masakan. Sebab segala masakan tanpa garam akan terasa hambar. Nah, para ibu di Lahat pun sempat bingung saat mendapati hilangnya garam di pasaran. Kalaupun ada, harga garam begitu melambung.
Sumateranews pun mencoba untuk mengecek dan mencari tahu penyebab kelangkaan garam di kawasan Pasar Lematang Lahat, Jumat (14/7).

“Langkanya garam di Lahat ini dirasakan sudah dua bulan. Kami sebagai pedagang bingung kenapa bisa begini,’’ ujar Darmi pemilik Toko Terbit.

Saat ini harga garam pun cukup tinggi. Biasanya kalau 1 bungkus besar harganya hanya Rp 8 ribu, kini harganya mencapai Rp 14 ribu. Selama ini, Darmi biasa menerima pasokan garam dari Toko Bintang Terang. ‘’Tapi karenanya harganya sudah naik, jadi kami bingung mau ambil lagi atau tidak. Sebab kami bingung mau dijual berapa garam ini,’’ cetusnya.

Sementara di pemilik toko lainnya yang biasa disapa Koko Aong daerah Pasar Lama PTM, yang hanya tersedia garam halus. Sedangkan garam kasar tidak ada lagi.

Saat dikonfirmasi, Kadinas Perdagangan Lahat, Fikriansyah melalui Kabid Perdagangan mengakui terjadi kelangkaan garam sesudah lebaran ini. ‘’Kami duga hal itu akibat para petani garam masih libur lebaran dan angkutan yang macet, sehingga pasokan garam ke Lahat mengalami kendala,’’ ujarnya.

Namun demikan, lanjut Kadis, dalam beberapa hari terakhir ini ada pasokan garam ke arah Lahat yakni mencapai 10 ton. ‘’Jadi tak usah khawatir, persediaan garam tak lagi mengalami kelangkaan,’’ tegasnya.

Laporan : Novita

Editor : Imam Ghazali

Posting : Andre