Gara-Gara Dana Siltap Tersendat, Ratusan Kades di Lahat Sampaikan Tiga Poin Aspirasi Dimana Poin Ketiganya Berisi Ancaman

0
281

Sumateranews.co.id, LAHAT – Ratusan Kepala Desa (Kades) di wilayah Kabupaten Lahat, beberapa minggu terakhir ini mengeluh. Pasalnya dana kegiatan kades atau dana siltap sampai saat ini belum dicairkan oleh pemerintah. Bahkan untuk meminta kejelasan, sejumlah perwakilan Kades se Kabupaten akhirnya memilih mendatangi Offroom Pemda Lahat, Kamis siang (07/09) sekitar pukul 11.00 WIB.
Ketua Forum Kades Kabupaten Lahat, Edwar Alamsyah, pun menyayangkan terjadinya terterlambatan dari dana Siltap tersebut. “Kita sesalkan dan sangat menyayangkan dana Siltap ini sampai sekarang belum dicairkan,” ujar Edwar Alamsyah, kepada awak media.
Dikatakan Edwar, terkait permasalahan itu pihaknya telah menyampaikan tiga poin aspirasi. Dimana pada poin pertama, seluruh Kades meminta dana siltap pada triwulan II sepakat diambil. Seterusnya poin kedua, pihaknya menyampaikan surat kepada pemerintah daerah agar segera membayarkan dan siltap triwulan III, dan sisanya dibayar pada akhir September 2017 nanti.
“Dan pada poin ketiga ini, bilamana sampai akhir september tidak dibayar maka seluruh kades beserta perangkat desa serta Lembaga yang ada didesa akan mengadakan aksi/demo di halaman Pemkab Lahat,” tegas Edwar sambil menunjukan surat berisi tiga tuntutan tersebut.
Menyikapi aspirasi itu, Wakil Bupati Lahat, Marwan Mansyur menuturkan menyerahkannya ke mekanisme dan aturan main yang berlaku. “Segala sesuatunya kita kembalikan ke mekanisme dan aturan mainnya. Apalagi kalau dilihat dari sisi kebutuhannya bagi para kades memang sudah mendesak, sebab bisa bergeraknya seluruh kegiatan harus ada dana dan diusahakan secepatnya cair,” tandas Marwan Mansyur, menutup pembicaraan saat ditemui para pewarta.
Laporan : Novita
Editor : Abdullah Donni
Posting : Andre