Gagalkan Penyelundupan 12 Kg Ganja, Polres Karo Amankan 4 Tersangka

0
100

TANAH KARO – Polres Tanah Karo – Polda Sumut kembali berhasil gagalkan peredaran Narkotika jenis ganja di 2 (dua) lokasi berbeda dalam waktu sehari, tepatnya pada hari Senin, (27/09/2021) sekira pukul 14.00 Wib.

Penangkapan terhadap ke 4 (empat) pelaku yang terlibat peredaran narkotika jenis ganja tersebut dibenarkan oleh Kasat Narkoba Polres Tanah Karo AKP Henry DB Tobing SH, saat dikonfirmasi awak media.

“Benar ada 4 orang diduga tersangka pengedar Nakotika jenis ganja berhasil diamankan personel di dua lokasi berbeda dalam sehari. Penangkapan para terduga tersangka berawal dari adanya informasi dari masyarakat. Menindaklanjuti info tersebut usai mengetahui identitas dan ciri-ciri pelaku serta keberadaannya sesuai yang di infokan, personel langsung melakukan penangkapan terhadap Riki Gustian (37) warga Jalan Kelapa, No.227, Kel. Suka Maju , Kec.Binjai Barat, Kota Binjai,” ujar Henry

“Riki Gustian (37) ditangkap di Jalan Kabanjahe – Tigapanah Kec. Kabanjahe Kab. Karo. Dari hasil penggeledahan yang dilakukan saat penangkapan, petugas menemukan 1 (satu) buah kotak kardus aqua yang berisikan 3 (tiga) bal yang diduga Narkotika jenis ganja, dibalut dengan lakban bening, saat ditimbang berat bruto 2800 gram, yang ditemukan ada di atas Sepeda motor yang dikendarai oleh terduga tersangka Riki Gustian, saat dilakukan interogasi terhadap tersangka, dirinya mengaku memperoleh ganja tersebut dari seorang yang bernama Suhendi Sahputra (30) wiraswasta, warga Jalan Katepul Kel. Gung Negeri Kec. Kabanjahe Kab. Karo,” jelasnya

Ditempat yang sama KBO Sat Res Narkoba Iptu Hendrik Tarigan kepada awak media menjelaskan, usai  melakukan penangkapan terhadap terduga tersangka a.n Riki, selanjutnya dilakukan pengembangan, dan dari hasil pengembangan, personel kemudian melakukan penangkapan terhadap Suhendy Saputra di sebuah warung kopi yang berada di Jalan Kabanjahe – Tigapanah Kec. Kabanjahe Kab. Karo.

“Setelah mengamankan Suhendy Saputra petugas juga melakukan penggeledahan ke rumah terduga tersangka Riki Gustian dan menemukan barang bukti 1 (satu) buah karton Gudang Garam yang berisikan 2 (dua) bal besar narkotika jenis ganja yang dibalut dengan kertas koran, dengan berat bruto 9700 gram yang ada diatas kamar mandi rumah Riki,” jelas Hendrik.

Hendrik menambahkan, usai proses penangkapan ke 2 (dua) terduga tersangka Riki dan Suhendy ditingkatkan lagi ke tahap pengembangan lanjutan, atas petunjuk awal petugas kembali melakukan penangkapan terhadap dua orang laki-laki yang telah melakukan penjualan dari sebagian ganja yang telah diamankan. Yaitu a.n. Feri Ginting (34) petani, Warga Dusun 2 Kel. Sumber Mufakat, Kec. Kabanjahe Kab. Karo. Kemudian petugas juga mengamankan  Dedi S Sihaloho (36), Wiraswasta, yang beralamat di Jl. Listrik atas,  Kel. Gundaling II, Kec.Berastagi, Kab. Karo. Saat melakukan penangkapan, petugas kembali menemukan barang bukti yang diduga narkotika jenis ganja yang dibungkus dengan kertas koran dengan berat bruto 2,60 gram dan uang sebesar Rp.1.000.000,- (satu juta rupiah) yang diduga hasil penjualan narkotika jenis ganja. Setelah ditotal sebanyak 12.526 gram barang bukti Narkotika jenis Ganja siap edar berhasil diamankan personil,” Terangnya

“Setelah petugas menemukan barang bukti, selanjutnya petugas membawa para terduga tersangka berikut seluruh Barang Bukti (BB) ke Satresnarkoba Polres Tanah Karo guna proses penyidikan lebih lanjut.” Beber Iptu Hendrik Tarigan KBO Sat Res Narkoba. (Leodepari)

Editor : Donni