HeadlinePrabumulihSumsel

Fokus Pembayaran Gaji ke 14, Proyek APBD 2017 Dilelang Usai Lebaran

sumateranews.co.id, PRABUMULIH – Pelaksanaan pengerjaan proyek pembangunan APBD tahun 2017 ditunda hingga usai lebaran. Hal itu menyusul proses lelang proyek yang baru akan dilaksanakan usai lebaran nanti. Penundaan pelaksanaan lelang sendiri disebabkan Pemerintah kota Prabumulih masih focus dan memprioritaskan penyelesaian pembayaran gaji ke 14 para pegawai (ASN).

“Ya saat ini lelang proyek belum bisa kita lakukan. Mengingat karena dananya terbatas dan prioritas untuk pembayaran gaji ke 14. Habis Idul Fitri baru seluruh paket proyek kita lelangkan semua,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) Kota Prabumulih, M Sufi ST ketika dikonfirmasi, akhir pekan kemarin.
Pun demikian, pihaknya tetap optimis pelaksanaan pengerjaannya tidak menemui hambatan dan selesai tepat waktu. “Kita optimis semua proyek selesai tepat waktu. Sebab, rata-ratakan waktu pengerjaan 90-120 hari,” imbuhnya.

Sufi menyebutkan, jika lelang tetap dilakukan saat ini dikhawatirkan akan berdampak pada terhambatnya pengerjaan proyek. Hal itu lantaran pihak ketiga (pelaksana kontraktor, red) akan langsung meminta uang muka untuk memulai pekerjaan.
“Kalau sudah dimulai pengerjaannya, biasanya pihak kontraktor akan meminta uang muka. Sementara tahu sendiri kondisi dana kas Pemkot masih minim. Jika sudah dilelang dan genning keluar sedangkan proyek belum berjalan, pihak pemborong akan dikenakan denda,” tandasnya.

Dijelaskan Sufi, ada 100 paket di Dinas PUPR dan 60 paket diantaranya langsung di lelang. “Dari 100 paket proyek baru 60 paket yang dilakukan lelang. Sisanya nyusul bertahap,” jelasnya, seraya menambahkan proyek pembangunan yang sedang berjalan saat ini berasal dari dana pusat yakni Dana Alokasi Khusus (DAK).

Laporan : Donny
Editor : Donny

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button