FKUB OI Dilantik

0
312

Sumateranews.co.id, INDRALAYA- Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Ogan Ilir (OI) harus bisa menjadi yang terdepan dalam menjaga keharmonisan kerukunan beragama di masyarakat. Hal itu disampaikan Bupati OI HM Ilyas Panji Alam dalam acara Pelantikan FKUB OI periode 2017-2022, di Pendopoan Bupati OI Tanjung Senai Indralaya, Kamis (10/8).

Menurut Bupati OI HM Ilyas Panji Alam, keberadaan FKUB sangat penting dalam menjaga kerukunan umat beragama baik antar pemerintah maupun sesama.

“FKUB OI harus berperan aktif dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya dan bertanggung jawab serta memfasilitasi menjaga kerukunan antarumat di tengah masyarakat. Mari kita jaga toleransi hubungan antarumat beragama karena sangat penting apalagi hal ini sangat sensitif,” jelasnya.

Bupati OI melantik secara resmi kepengurusan FKUB OI yang diketuai oleh M Ridho SAg, Sekretaris dan Bendahara Apriyani Simanjuntak. Hadir pada acara tersebut Kepala Kesbangpol OI Trisno Pilhaq ST MSI, Kapolres OI, Sekretaris FKUB Sumsel Safitri Irwan, dan sejumlah umat beragama di Kabupaten OI.

M Ridho SAg Ketua FKUB Kabupaten OI dalam sambutannya mengatakan tema yang diangkat dengan semangat menjalin persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI menuju kerukunan umat beragama di OI yang Gemilang.

“Apalah artinya FKUB tanpa dukungan seluruh masyarakat dalam meningkatkan keharmonisan. Mari kita jaga selalu kerukunan umat beragama dengan kebersamaan dan yang telah terjalin untuk membangun OI kedepannya,” ungkap Ridho.

Sementara itu Safitri Irwan SAg MPdi selaku Sekretaris FKUB Provinsi Sumsel mengatakan umur FKUB ini baru 11 tahun, sedangkan FKUB OI sudah memasuki periodesasi ke 3 dari tahun 2007 lalu.

“Saya berharap secara totalitas FKUB OI dapat membantu Pemkab OI dalam bidang keagamaan. Pembangunan di bidang keagamaan juga sangat penting, sebagai FKUB OI harus mengerti hukum dan menjalankan tupoksinya. FKUB dituntut perduli dan respon dalam mengatasi persoalan-persoalan keagamaan yang berada di daerahnya,” katanya.

Ia menambahkan FKUB harusnya bisa meringankan masalah dalam membantu Bupati menyelesaikan sengketa keagamaan khususnya di OI.

Laporan : H. Sanditya Lubis

Editor : Imam Ghazali

Posting : Andre