Fikri Junan: Program GTRA Tekan Konflik Lahan di Tengah Masyarakat

0
169

PALEMBANG – Semenjak diluncurkan pemerintah pusat, Program Gugus Tugas Reforma Agraria atau GTRA ini hingga sekarang dinilai mampu menekan terjadinya konflik lahan di tengah masyarakat.

Pernyataan itu diutarakan oleh Fikri Junan, saat dibincangi di kediamannya, Senin (11/10). Menurut politisi PDI-P ini, selain menekan terjadinya konflik lahan antara masyarakat dengan perusahaan (Corporate), kehadiran program PTSL  tersebut juga mampu memberikan peluang bagi masyarakat dalan memanfaatkan lahan kosong  untuk diberdayakan.

“Sehingga azas manfaatnya sangat dirasakan bagi masyarakat dan petani sekaligus dapat juga menekan angka kemiskinan yang ada di Provinsi Sumsel,” terang politisi PDI-Perjuangan ini.

Fikri Juhan juga berharap, masyarakat tidak memperjualbelikan lahan, dan memanfaatkan program tersebut sebaik mungkin.

“Dengan adanya program ini dapat dimanfaatkan sebaik baiknya sehingga dapat dikelola sebagaimana mestinya serta mengimbau kepada masyarakat untuk tidak memperjualbelikan lahan tersebut,” imbuh salah satu Tokoh Masyarakat berambut putih ini.

Menurutnya lagi, program PTSL yang diberikan pemerintah sangat bagus dan bermanfaat khususnya bagi masyarakat (wong cilik).

“Artinya mereka hidup dan punya hak yang sama untuk mendapatkan lahan. Pemerintah Pusat sudah memberikan jutaan sertifikat kepada nasyarakat.

Apabila ada segelintir orang yang mengatakan bahwa Presiden Jokowi itu tidak becus dalam memimpin negara ini pernyataan tersebut merupakan pernyataan yang keliru,” tandasnya.

“Dalam program GTRA ini saya nilai sangat menguntungkan masyarakat karena tidak menjadi perbuatan sewenang- senang bagi perusahaan atau Corporate untuk mendapatkan lahan,” sambung dia.

Dia mencontohkan, kasus penyerobotan lahan yang dilakukan oleh Corporate di daerah Menang, Musi Banyuasin (Muba), terhadap suku anak dalam.

Untuk itu, ia berharap Pemerintah Pusat agar tepat sasaran dalam pembagian PTSL. “Sehingga masyarakat yang ada di sekitar lokasi lahan dapat memanfaatkan lahan kosong untuk kesejahteraan dan kemakmuran,” pungkasnya. (Are)

Editor : Donni